Halo, Takaiters! 

Kalimantan Barat memiliki beragam makanan dan minuman khas yang memanjakan lidah. Bagi Takaiters yang ingin berkunjung atau tertarik membuat masakan kuliner khas Kalimantan Barat, berikut ini 5 rekomendasi makanannya yang lezat, Takaiters!

1. Lempuk Durian

minuman khas kalimantan barat
Foto: lempokdurian.net

Makanan khas satu ini hanya dapat dijumpai di Kalimantan Barat, loh. Lempok durian dari Kalimantan memiliki cita rasa yang berbeda dengan daerah lain. Ini dikarenakan jenis bahan utama dan campuran dalam pembuatannya.

Seperti namanya, lempok durian diolah dari buah durian yang dicampur dengan gula dan sedikit garam. Dalam proses pembuatannya, daging durian yang bijinya yang sudah dibuang, dicampur bersama dengan garam dan gula. Kemudian, bahan-bahan tadi dimasukkan ke kuali untuk dimasak.

Proses memasak lempuk durian ialah cukup lama, sampai benar-benar mengental. Lempok durian rasanya manis, legit dan bertekstur kenyal. Takaiters, dapat menyimpan lempuk dengan lama karena camilan ini lumayan awet.

2. Bubur Pedas

resep masakan khas kalimantan barat
Foto: agolf.xyz

Bubur pedas merupakan hidangan tradisional yang kerap disajikan oleh orang Melayu di Sambas ataupun Sarawak. Biasanya, makanan bergizi ini dapat disantap kapan saja, tapi lebih populer ketika bulan Ramadan tiba.

Adapun kata pedas ialah istilah yang berarti beragam sayuran dan rempah yang di dalam bubur. Meski diberi nama bubur pedas, tapi rasanya tidak sepedas yang dibayangkan. Pedas yang dihasilkan hanya berasal dari lada yang ditumbuk halus sebagai campuran rempah.

Bubur pedas dibuat dari beras yang ditumbuk lalu disangrai. Kemudian, dimasak dengan tumbuhan paku-pakuan, kacang panjang,  kangkung, wortel, daun kesum dan lain-lain. Daun kesum dan daun kunyitlah yang menyebabkan bubur pedas semakin wangi menggoda.

Setelah matang, bubur pedas diberi teri goreng dan kacang tanah goreng sebagai toping.

3. Bingke

masakan khas pontianak kalimantan barat
Foto: tamasyapurawisata.com

Makanan khas Kalimantan Barat berikutnya adalah kue bingke. Kue satu ini memiliki rasa manis dan teksturnya lembut. Jika dilihat dari bentuknya, kue bingke mirip dengan kue lumpur.

Namun, tentu ada sedikit perbedaan di antara keduanya. Di mana, kue bingke memiliki aroma dan rasa yang lebih kuat.

Kue berwarna kuning kecokelatan yang beraroma lezat ini diolah dari telur, gula, santan dan terigu. Paling banyak dijual di Pontianak saat Ramadan. Takaiters dapat menemukan berbagai jenis bingke seperti bingke labu, kelapa, cokelat sampai pandan.

4. Kue Kantong Semar

masakan khas dayak kalimantan barat
Foto: Ien-diary.com

Takaiters, Makanan ini asalnya dari pedalaman pesisir Kalimantan Barat. Bahan dasar pembuatan kuenya adalah tumbuhan kantong semar yang diisi beras pulut dan kacang merah rebus, ditambah sejumput garam yang kemudian dikukus bersama hingga matang.

5. Choi Pan

Foto: resepkueenak.netlfy.app

Choi Pan merupakan camilan Kalimantan yang enak sekali. Bentuknya mirip karipap, tetapi kulitnya lebih lembut. Choi Pan umumnya diisi irisan bengkoang dan ebi yang dibalut tepung beras dan tapioka.

Setelah dikukus, Choi Pan disiram minyak bawang. Makanan ini paling enak dicicipi dengan sambal khas untuk Choi Pan.

Itulah beberapa makanan unik dari Kalimantan Barat yang layak kamu coba, Takaiters. Namun, bagi kamu yang belum bisa berkunjung langsung ke sana dan mencicipinya, kamu dapat mengolah makanannya sendiri melalui resep-resep yang tersebar di internet. Selamat mencoba kuliner khas Kalimantan Barat, Takaiters!