Beberapa kota di Sumatera Barat selalu memiliki keunikan yang tidak biasa dari kota lainnya, mungkin bagi kalian para perantau bisa merasakan bedanya. Hal inilah yang membuat para perantau merasa rindu akan kampung halaman. Tapi apa sebenarnya yang membuat kota di Sumbar ini memiliki keunikan dari kota lainnya?

Sadar atau tidak hal inilah yang membuat beberapa kota di Sumatera Barat berbeda dari yang lain.

1. Angkutan kota yang nyentrik luar biasa di Kota Padang

keunikkan kota padang minang
Foto : otopacu.com

Jika kalian berkunjung ke kota Padang jangan heran jika melihat hal ini. Mobil-mobil angkutan kota memiliki modifikasi laksana mobil balap yang aduhai. Para pemilik juga saling berlomba dalam memodifikasi mobil-mobil mereka, hal ini yang membuat para penumpang angkutan umum di kota Padang merasa nyaman dan tentu saja terlihat keren.

PILIHAN EDITOR

2. Anak Padang dijuluki anak “Ibu”

keunikkan kota padang minang
Foto : 4.bp.blogspot.com

Dalam artian lain anak-anak di daerah Padang selalu menurut kepada ibu mereka. Bukan hanya menurut, anak-anak di daerah Padang selalu cinta dan sayang kepada ibu mereka. Hal ini memang bisa kita temui di kota lain, tapi apakah kalian tau apa yang selalu membuat anak-anak padang menurut kepada seorang ibu? Maling kundang, mereka sejak kecil selalu diceritakan dongeng tentang anak durhaka sehingga anak-anak di kota Padang selalu takut bila dikutuk menjadi anak yang durhaka.

3. Jam Gadang Bukittinggi yang memiliki mesin kedua di dunia

keunikkan kota padang minang
Foto : lihat.co.id

Bicara soal Jam Gadang mungkin hanya ada satu kota di Indonesia yang memiliki jam sebesar ini. Selain besar Jam Gadang juga hanya memiliki 2 mesin di dunia yang besar ini. Iya cuma 2 saja, satu di Bukittingi satu lagi di Inggris yaitu jam besar Big Ben. Hal ini yang membuat Kota Bukittingi unik dan berbeda dengan kota lainnya.

4. Tidak merantau tidak asyik

keunikkan kota padang minang
Foto : 4.bp.blogspot.com

Jiwa petualang para pemuda di beberapa wilayah Sumatera Barat sangatlah tinggi. Mereka rela meninggalkan keluarga untuk merantau ke kota orang. Laksana air mereka harus terus mengalir, karena jika hanya berdiam di kubangan mereka akan menjadi keruh. Kira-kira kalau mereka nggak merantau bakal diketawain nggak sama temen-temen sepermainannya? Yang tau boleh comment yah. hehehe.

5. Tidak ada rumah makan Padang

keunikkan kota padang minang
Foto : handiriswananta.wordpress.com

Ini yang selalu menjadi pertanyaan, mengapa tidak ada rumah makan Padang di daerah mereka sendiri? Jawabannya sederhana, mereka lebih memilih menggunakan nama rumah makan sederhana dari pada rumah makan padang. Jadi kalian yang baru berkunjung jangan heran dengan hal ini yah.

Itulah 5 keunikan Tanah Minang yang tidak dimiliki oleh kota-kota lain. Kalian sudah tau atau belum tau? Jika kalian sudah tau maka sebarkan artikel ini kepada mereka yang belum mengetahui tentang beberapa keunikan ini.