Halo, Takaiters!

Kamu tahu singkong ‘kan? Yups, singkong adalah tumbuhan yang bisa dimanfaatkan dari mulai daun sampai umbinya. Singkong tumbuh subur di Indonesia karena untuk menanamnya sangat mudah. Singkong atau ketela pohon adalah sumber energi yang kaya karbohidrat. Umbi singkong dapat dimakan mentah, kandungan utamanya adalah pati dengan sedikit glukosa sehingga singkong terasa seperti ada manis-manisnya.

Guys, singkong dapat diolah dengan berbagai cara, bisa direbus, dikukus, digoreng, bahkan bisa dibakar. Selain itu,olahan singkong bisa bermacam-macam. Ada beberapa olahan makanan yang terbuat dari singkong. Pastinya kamu akan suka dan bikin kamu ketagihan. Mau tahu? Simak makanan berikut yang berasal dari olahan singkong.

1. Tape atau Peuyeum

Foto: resepku.com

Siapa, sih, yang enggak kenal tape? Di Bandung, Jawa Barat, saking terkenalnya peuyeum sampai dibuat sebuah lagu yang legendaris yaitu Peuyeum Bandung. Tape atau peuyeum merupakan hasil fermentasi antara singkong dan ragi. Biasanya tape digunakan sebagai isian es campur atau es doger.

Peuyeum juga bisa dibikin colenak. Colenak adalah peuyeum yang diberi bumbu gula aren ditambah parutan kelapa. Rasanya? Hmm … mantul banget.

2. Misro

Foto: jajananpasarnusantara.com

Ada yang tahu misro, Guys? Misro akronim dari “amis dijero” manis di dalam. Makanan berbahan dasar singkong ini dibuat dengan memarut singkong kemudian dibentuk bulat atau oval, dalamnya diberi irisan gula. Setelah itu baru, deh, digoreng. Dinikmati hangat-hangat pada sore hari, ditemani secangkir teh hangat, maknyooos rasanya.

3. Getuk

Foto: fimela.com

Getuk adalah makanan yang sangat populer. Berbahan dasar singkong yang direbus kemudian ditumbuk sampai halus, diberi campuran gula aren, kemudian dibentuk. Biasanya ditaburi dengan kelapa parut yang gurih, membuat getuk lumer dimulut.

4. Keripik

sajiansedap.grid.id

Oh, ya, Guys. Camilan yang satu sangat familiar. Keripik singkong dikenal oleh tua dan muda. Singkong diiris tipis, diberi bumbu, kemudian digoreng. Setelah itu bisa ditaburi dengan berbagai varian rasa.  Cocok dimakan saat santai dengan keluarga atau teman. Keripik singkong rasanya kriuk-kriuk, pastinya kamu akan ketagihan dan enggak mau berhenti kalau sudah makan keripik singkong.

5. Tiwul atau Awug

Foto: regional.kompas.com

Kudapan selanjutnya yang terbuat dari singkong adalah tiwul. Di daerah Sunda disebut awug. Bahan dasarnya adalah singkong yang dibuat gaplek terlebih dahulu. Kemudian gaplek tersebut dibuat tepung dengan cara dikeringkan kemudian ditumbuk.
Tiwul atau awug mempunyai cita rasa manis, cara membuatnya dikukus. Setelah matang diberi taburan kelapa parut. Dinikmati selagi hangat dengan secangkir teh citarasa tiwul makin maknyoos.

Nah, itulah 5 kudapan yang terbuat dari singkong yang bisa kamu coba buat di rumah, Guys. Yakin, deh, kamu akan ketagihan jika sudah mencoba kelima makanan tadi. Selamat mencoba!