Hai, Takaiters!

Jajanan pasar dikenal dengan makanan yang mudah ditemukan dan dibeli dari pasar tradisional. Beruntungnya saat ini terdapat beberapa jenis jajanan pasar yang masih populer dan gampang dijumpai walaupun sudah tidak sepopuler dulu.

Jenis jajanan ini juga sangat beragam, mulai dari yang bercita manis hingga gurih. Banyak yang menganggap jajanan pasar sebagai salah satu jenis kuliner yang menyehatkan. Hal ini karena kebanyakan para pedagang menjadikan bahan-bahan yang alami sebagai komposisinya.

Dahulu jajanan pasar sangat gampang ditemukan tanpa harus menunggu waktu tertentu. Sayangnya seiring berkembangnya zaman, jajanan pasar sudah tergantikan dengan kemunculan kuliner kekinian yang semakin menggiurkan. Sehingga tak heran lagi bila kamu harus menunggu momen tertentu untuk mendapatkannya. Bahkan kamu juga harus sedikit lebih repot untuk menemukannya di pasaran.

Kebanyakan jajanan pasar biasanya mempunyai rasa unik dan berbeda daripada kuliner pada umumnya. Meskipun sebagian sudah jarang dijumpai, tetapi masih ada beberapa jenis jajanan yang gampang ditemukan di pasaran maupun warung-warung kecil. Apa saja nih kira-kira?

1. Cenil

Jajanan Pasar yang Masih Populer
Foto: Bolakeluarga.com

Cenil merupakan camilan yang sangat mudah diingat karena memiliki tekstur yang kenyal dan bertabur parutan kelapa. Makanan mungil yang terbuat dari tepung kanji ini akan memanjakan lidahmu ketika menyantapnya. Kamu juga tidak boleh sampai melewatkan gula merah yang telah dicairkan sebagai pemanis alami jajanan ini bila ingin menyajikannya.

Biasanya cenil memiliki bentuk bulat-bulat kecil atau justru memanjang. Karena cita rasanya yang legit saat dikunyah, tak heran bila cenil masih digemari hingga saat ini. Sehingga kamu bisa mengenang masa kecilmu dengan membelinya di pasar atau warung-warung tertentu.

2. Nagasari

jenis jajanan pasar asin
Foto: Bolakeluarga.com

Nagasari yang lebih dikenal dengan sebutan lambang sari ini merupakan kue yang dibuat dengan bahan dasar tepung beras dan juga santan. Rasanya akan menjadi sangat nikmat karena memiliki isian dari pisang yang dipotong dengan ukuran kecil dan sedikit tipis.

Bungkus nagasari biasanya berasal dari daun pisang sehingga akan menjadikan kue yang satu ini bercita rasa manis dan beraroma wangi. Banyak yang menggunakan nagasari sebagai jamuan di berbagai acara seperti arisan, pengajian, kumpul keluarga, bahkan hajatan.

3. Lemper

jenis jajanan pasar yang laris
Foto: id.Wikipedia.org

Hampir semua orang mengenali jajanan pasar yang satu ini. Lemper dibuat menggunakan bahan dasar berupa ketan. Untuk menjadikan rasanya lebih lezat, jajanan ini akan diisi dengan enten-enten atau abon. Seperti halnya lambang sari, lemper pun dibungkus menggunakan daun pisang agar cita rasa  yang dimiliki bisa semakin lezat dan gurih. Kue lemper juga dibungkus menggunakan daun pisang seperti halnya lambang sari. Hal tersebut menjadikannya mengeluarkan bau harum yang khas akan makanan tradisional.

Lemper sangat mudah ditemukan walaupun kini zaman sudah semakin berubah dan berkembang. Bahkan hingga kini banyak orang yang menjadikan lemper sebagai salah satu oleh-oleh di acara pernikahan atau suguhan pada acara tertentu. Selain terbilang unik, lemper juga dapat dijadikan sebagai camilan pengganjal perut sebelum akhirnya beralih pada makanan berat ketika kamu berada dalam suatu acara besar.

4. Kue lapis

Foto: Haibunda.com

Lapis juga merupakan jajanan tradisional yang masih sangat gampang ditemukan di pasaran. Kue yang satu ini memang dibuat dengan berlapis-lapis dan warna yang juga berbeda di setiap lapisannya.  Jumlah warna yang digunakan juga beragam mulai dari tiga hingga enam warna. Biasanya para pembuat kue lapis akan menambahkan vanili ke dalam adonannya. Dengan begitu kue lapis akan lebih wangi setelah dikukus. Aroma inilah yang menjadikan kue lapis lebih menggoda daripada kuliner lainnya bagi para pengunjung pasar. Paduan rasa manis dan tekstur yang kenyal menjadikan kue lapis sebagai makanan tradisional yang masih populer sampai saat ini.

5. Getuk lindri

Foto: Herstory.co.id

Getuk lindri merupakan makanan tradisisonal Jawa yang terbuat dari singkong dan termasuk dalam kategori jajanan pasar yang masih populer hingga sekarang. Cara pembuatannya juga tidak terlalu sulit. Untuk langkah awal kamu perlu menghaluskan  singkong yang sudah direbus, lalu campurkan gula putih, pewarna, serta vanili ke dalamnya.

Hanya dengan cara yang simpel inilah kamu sudah bisa menikmati makanan menyehatkan lho! Kamu juga masih bisa menemukan getuk lindri di pasar-pasar tradisional atau pada gerobak tukang sayur yang kerap keliling di kompleks perumahanmu.

Dari beberapa jenis jajanan pasar yang masih populer hingga sekarang ini, mana saja yang sering kamu konsumsi? Dengan cita rasa yang khas menjadikan beberapa makanan tradisional ini digemari oleh banyak orang lho!

Selain melestarikan makanan tradisional, mengonsumsi beberapa jenis jajanan pasar ini juga bisa menjagamu agat tetap sehat. Sebab beberapa komposisinya masih menggunakan bahan-bahan alami dan merupakan produk rumahan.