Halo, Takaiters!

Jawa Barat terkenal dengan berbagai jenis kulinernya. Mulai dari kuliner yang dijual di pinggir jalan sampai kuliner yang ada di restoran-restoran terkenal. Tidak afdal rasanya jika berkeliling Jawa Barat tapi tidak mecicipi kulinernya.

Masih ingat enggak, sih, jajanan waktu kecil dulu? Ya, jajanan berikut ini adalah jajanan legendaris yang sekarang masih bisa kamu temui dan tentunya sangat ngangenin. Jika berkunjung ke Jawa Barat, pastikan kamu akan menemui makanan-makanan berikut yang tentunya bisa menjadi pengobat rindu masa kecil.

1. Batagor

Foto: tokopedia.com

Batagor adalah bakso tahu goreng. Batagor adalah makanan khas Jawa Barat yang terpengaruh dengan khazanah kuliner Cina. Rasanya sangat menggoyang lidah. Batagor ada dua jenis, yaitu batagor kuah dan batagor kering.

Berbahan dasar tepung terigu, kulit pangsit, tahu, ikan tenggiri ditambah bumbu-bumbu yang ada di dalamnya. Kuah atau kering tergantung selera kamu, ya! Disajikan selagi hangat, hmm … yummy.

2. Basreng

Foto: tokopedia.com

Bakso goreng alias basreng adalah makanan yang banyak dicari. Basreng cocok dijadikan camilan di saat santai. Aroma ikan tenggiri membuat basreng mempunyai rasa yang khas.

Oh, ya, Guys, basreng ini bisa diberi bumbu tabur berupa serbuk cabai yang tentunya sangat pedas.

3. Cilok

Foto: idntimes.com

Masih ingat dengan cilok? Ya, cilok atau aci dicolok adalah salah satu makanan legendaris yang sampai saat ini masih banyak penggemarnya. Cilok yang berbahan dasar tepung tapioka (aci) sehingga teksturnya kenyal.

Ada berbagai jenis cilok, yaitu cilok dengan bumbu kacang, kecap, dan saos. Adapula cilok goang. Untuk cilok goang perlu kamu coba, lo, dengan bumbu yang sangat pedas ditambah kuah yang panas, menjadikan cilok goang makin banyak diminati.

4. Cireng

Foto: liputan6.com

Cireng atau aci digoreng bahan dasarnya sama dengan cilok yaitu tepung tapioka (aci). Ada berbagai macam cireng. Ada cireng banjur ada juga cireng kering.

Cireng banjur, kalau kata orang Sunda banjur itu berarti disiram. Cireng yang telah digoreng kemudian dibanjur dengan bumbu misda (amis lada) manis dan pedas sehingga rasanya mantul banget.

5. Comet

Foto: bangka.tribunnews.com

Makanan selanjutnya adalah comet.  Entah siapa yang pertama kali memberikan nama comet, yang artinya comro lemet. Dalam Bahasa Sunda lemet berarti kecil. Comet berbahan dasar dari singkong yang dibentuk bulat kecil-kecil kemudian digoreng sampai garing.

Pasti kamu ketagihan kalau sudah mencoba comet, karena di dalamnya ada sambal oncom yang cukup pedas sehingga menambah rasa nikmat.

Wah, pasti kamu penasaran kan ingin mencoba jajanan jadul tersebut? Jika kamu berkunjung ke daerah Jawa Barat pastikan kamu mencicipi jajanan tersebut. Ok Takaiters, selamat mencoba ya!