Loha, Takaiters!

Maraknya kasus bunuh diri sukses menjadi sorotan nitizen di seluruh dunia. Beberapa waktu lalu, nitizen dikejutkan atas meninggalnya salah satu mantan personil Sulli, f(x). Saat itu Sulli ditemukan tewas di apartemannya di Gyeonggi, Korea Selatan.

Berdasarkan penjelas umum para psikolog, dorongan bunuh diri terjadi akibat dari rasa putus asa dan depresi terus-menerus. Gangguan mental ini bisa dipicu oleh berbagai faktor dan gaya hidup yang kurang sehat. Berikut beberapa idol K-Pop yang memutuskan untuk bunuh diri dan menyisakan kenangan tragis untuk, sahabat, penggemar setianya, dan keluarga.

1. U;Nee

Foto: viva.co.id

U;Ne atau Lee Hye Ryeon adalah seorang penyanyi, dancer, rapper, dan aktris. Orang tuanya telah meninggal ketika ia masih kecil dan ia tinggal bersama neneknya. U;Ne debutnya di usia 17 tahun dengan single yang bertajuk Go. Ia meninggal setelah menuliskan pesan kematiannya di SNS yang mengatakan, bahwa ia tidak bisa hidup seperti ini. Diketahui U;Ne bunuh diri karena kariernya yang mulai meredup dan terpaksa ia menjadi seleb dengan image seksi hal ini justru membuatnya semakin dihujat.

2. Chae Dong Ha eks SG Wannabe

Foto: dantri.com

Tahun 2011, Chae Dong Ha, mantan personel grup SG Wannabe, ditemukan meninggal gantung diri di kediamannya. Ia memilih mengakhiri hidupnya usai kematian manajernya di tahun 2009. Namun, sebelum bunuh diri, Chae Dong Ha, sempat menuliskan surat yang sangat mengharukan. Ia mengatakan bahwa sang manajer adalah segalanya bagi hidupnya. Baginya, sang manajer tidak akan pernah tergantikan.

3. Ahn Sojin

Foto: wowkeren.com

Ahn Sojin adalah salah satu anggota dari acara variety show ajang pencarian bakat Kala Project. Sojin yang merupakan leader, tiba-tiba diputus kontraknya saat mendekati debut. Hal ini yang menjadi pemicu ia mengalami depresi hingga memutuskan untuk bunuh diri. Sojin meninggal pada hari Selasa, 24 Februari 2015 setelah melompat dari lantai 10 apartemennya di Daejeon, Korea Selatan. Namun, sebelum bunuh diri, Sojin sempat menulis pesan menyentuh untuk sang ibu.

4. Jonghyun ‘SHINee’

Foto: Brilio.net

Di tanggal 18 Desember 2017, kabar duka datang dari salah satu personel SHINee, Kim Jonghyun. Ia ditemukan tewas di apartemannya Chenongdam-Dong, Seoul, pukul 18.00 waktu setempat. Hal ini sukses membuat beberapa orang terkejut karena ia meninggal akibat bunuh diri dengan briket batu bara yang menyala dalam penggorengan. Jonghyun adalah salah satu personel SHINee yang berbakat, selain memiliki suara emas, ia juga pintar menciptakan lagu. Pria kelahiran 8 April 1990 ini meninggal diusia masih terbilang muda, yaitu 27 tahun.

5. Sulli eks f (x)

Foto: Tribunnews.com

Sulli merupakan mantan personel f(x) dikabarkan tewas di apartemannya, Gyeonggi, Korea Selatan. Kabarnya, Sulli ditemuka tidak bernyawa karena gantung diri di lantai dua apartemennya oleh manajernya. Seorang pejabat polisi menyatakan, bahwa Sulli menderita depresi berat  yang memuatnya memutuskan untuk mengakhiri hidup dengan cara tragis. Depresi yang dideritanya selama ini membuat artis cantik ini membuat keputusan ekstrem.

Nah, Guys, depresi selalu menjadi momok menyeramkan yang terkadang sulit terdeteksi. Jadi, jangan anggap enteng, kalau ada keluarga, teman, sahabat, atau orang di lingkungan kita mengalami depresi ada baiknya temani dan dukung dia. Bila di rasa perlu jangan malu untuk membawanya ke dokter, pelayan kesehatan, dan pemuka agama karena semakin cepat ditangani akan semakin baik. Semoga bermanfaat.