Halo, Takaiters!

Memelihara hewan, bagi sebagian orang mungkin menjadi sebuah hobi. Banyak para pemelihara hewan yang tak segan mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk merawat hewan kesayangannya itu.

Beberapa orang bahkan menjadikan hewan peliharaan sebagai ajang bisnis atau mengikutkannya dalam kompetisi lomba tertentu. Namun selain itu, berdasarkan penelitian, hewan peliharaan ternyata juga diyakini mampu menghilangkan stress bagi pemiliknya.

Yuk, simak hewan peliharaan redakan stress berikut, Takaiters!

1. Kucing

manfaat memelihara hewan
Foto: suara.com

Hewan lucu berbulu ini selain imut dan menggemaskan, juga bisa menghilangkan stress pemeliharanya. Tingkahnya yang lucu dan manja, selalu bisa membuat kita tersenyum geli ketika bermain dengannya. Pikiran yang penat rasanya hilang seketika ketika kita bermain dengan makhluk satu ini.

Tak hanya menghilangkan stress, memelihara kucing bagi anak-anak ternyata juga mampu membantu seorang anak melatih diri dalam mengelola emosi dan menimbulkan rasa penyayang.

Oleh karena itu, tak jarang para pemilik kucing rela mengeluarkan dana yang tak sedikit untuk hewan kesayangannya itu, Mulai dari membelikan kandang yang nyaman, makanan kesukaan terbaik, membawanya rutin memeriksakan kesehatan ke dokter hewan, bahkan membelikan kostum cantik.

Wah, kalau sudah punya kucing yang lucu dan menggemaskan, jangan lupa dijaga dan dirawat, ya…

2. Ikan Hias

hewan peliharaan redakan stress dan emosi
Foto: liputan6.com

Hewan cantik berhabitat air ini diyakini mampu menambah energi positif siapa saja yang melihatnya. Tingkah aktifnya yang lihai meliukkan sirip dan ekor membuat takjub siapapun yang melihatnya. Apalagi ditambah dengan warna kulitnya yang indah. Konon bagi sebagian besar orang mengakui bahwa memelihara mampu memberikan suasana positif dalam diri.

Apalagi ditambah dengan suara gemericik air dari akuarium atau kolam ikan. Beberapa rumah bangunan terbaru bahkan banyak yang menjadikan kolam ikan sebagai bagian dari rumahnya.

Meski ikan hias tergolong hewan peliharaan yang perawatannya antara mudah dan sulit, hewan berwarna indah ini tetap diminati banyak orang, dewasa maupun anak-anak.

3. Anjing

hewan peliharaan yang mampu redakan stress
Foto: halalmedan.com

Meski tak semua orang bisa memeliharanya, hewan penggonggong satu ini termasuk hewan yang ramah dan menggemaskan. Sama seperti kucing, sifat manjanya membuat siapapun yang memeliharanya merasa tenang dan nyaman. Beberapa pemilik anjing bahkan menjadikan anjing peliharaannya sebagai sahabat dan tempat bercerita yang paling menyenangkan.

4. Burung

Foto: tokopedia.com

Hewan dari jenis Aves yang pandai bernyanyi ini bagi sebagian orang dianggap mampu menghilangkan stress. Warna indah bulu serta siulannya yang terdengar menenangkan, membuat setiap orang yang tertarik memeliharanya bersedia meluangkan waktu untuk bermain dengannya. Sebuah penelitian menerangkan bahwa duduk bersantai sambil mendengarkan siulan kicau burung dapat menghilangkan kepenatan dan stress. Sepertinya suasana akan semakin mendukung jika ada secangkir teh dan biskuit di hadapan, ya…

5. Kelinci

Foto: idntimes.com

Siapa yang tak mengenal hewan pengerat satu ini? Ya. Kelinci. Dengan kuping panjang dan bulu lembut serta sifatnya yang jinak, membuat setiap orang jatuh cinta pada kelucuannya. Herbivora berhabitat dataran tinggi ini selain penyuka sayuran, ternyata juga mampu menghilangkan kepenatan.

Duduk bersantai sambil bermain dengannya atau memberinya makan sepertinya cukup untuk melepas lelah setelah seharian disibukkan dengan urusan pekerjaan atau masalah yang dihadapi.

Jangan lupa untuk menjaga kebersihan kandangnya, ya…

Nah, itu dia 5 hewan peliharaan redakan stress. Selain memelihara hewan, keseimbangan antara kesibukan dunia dan ibadah tentunya juga ikut menentukan tingkat kepenatan kita, ya.

Jadi, hewan manakah yang menurut kalian sanggup menghilangkan stress, Takaiters?