Halo, Takaiters!

Di tengah imbauan pemerintah untuk #dirumahaja atau stay at home guna memutus mata rantai penyebaran virus corona atau COVID-19, banyak di antara kita yang akhirnya kebingungan. Bukan tanpa alasan, sudah seminggu lebih dan masih akan berlanjut hingga beberapa waktu ke depan kita akan diam di rumah. Di rumah saja, ‘mau ngapain, ya?’. Padahal kita termasuk tipe orang yang tidak betah berlama-lama di rumah. Namun, demi kebaikan bersama dan sebagai warga negara yang baik, kita harus mematuhi. Pun, ini juga demi kebaikan diri sendiri agar tidak menambah daftar pasien positif terpapar virus korona.

Takaiters, banyak hal positif yang bisa dilakukan selama menjalan di rumah. Hal-hal yang mungkin tidak pernah kita lakukan selama sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas di luar rumah.

Berikut ini 5 hal positif yang bisa dilakukan selama #dirumahaja agar tidak bosan dan mati gaya.

1. Menyalurkan Hobi

Foto: pexels.com

Takaiters, selama ini kamu mempunyai hobi bercocok tanam, menjahit, menulis atau memasak. Namun, karena kesibukan pekerjaan dan bersosialisasi, hobi tersebut sama sekali tidak tersalurkan. Dengan adanya imbauan #dirumahaja dari pemerintah, saatnya kamu mengekspresikan diri dan menyalurkan hobi, yeay!

Kamu bisa memulai bercocok tanam dengan merapikan tanaman hias atau tanaman obat keluarga (toga). Selain itu, kamu juga bisa menjahit masker yang saat ini sulit sekali ditemukan. Kamu bisa menyumbangkan masker tersebut kepada pejuang pencari nafkah yang masih harus tetap berjuang di tengah pandemi virus corona. Bagi kamu yang hobi menulis dan memasak juga bisa. Manfaatkan waktu yang begitu luang ini untuk hal-hal positif dan tetap produktif meski hanya di rumah.

2. Menata Kembali Rumah

Foto: pexels.com

Tidak ada salahnya menata kembali rumah agar kamu mendapatkan suasana baru. Kamu bisa merubah posisi tempat tidur dan lemari. Bisa juga menambah pajangan rumah. Jika mempunyai dana lebih, bisa juga mengganti warna cat dinding.

Banyak hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama anak yang juga terpaksa dirumahkan. Ini juga bisa mengedukasi anak-anak, lo. Punya ide untuk mendesain dapur dan ruang keluarga sejak lama? Kenapa tidak mencoba merealisasikannya sekarang.

3. Quality Time Bersama Pasangan, Anak, dan Keluarga

Foto: prelo.com

Ini saatnya Tuhan menginginkan kita untuk bisa lebih dekat bersama pasangan, anak dan keluarga. Selama ini mungkin kamu jarang sarapan dan makan malam bersama keluarga. Pagi-pagi buta sudah berangkat ke tempat kerja dan pulang saat larut malam. Anak-anak pun demikian, disibukan dengan sekolah full day, bahkan, weekend pun masih berjibaku dengan meeting dan kegiatan ekstra kurikuler. Sekarang saatnya berkumpul bersama, bersenda gurau dan melakukan pillow talk. Sesuatu yang mahal dan berharga, bukan?

4. Lebih Mendekatkan Diri pada Tuhan

Foto: muslim.okezone.com

Ujian terbaik akan kamu lewati ketika mampu mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Saatnya instrospeksi diri bagaimana hubungan kamu dengan Tuhan. Bagi muslim mungkin selama ini jarang melakukan salat duha, salat tahajud, dan membaca Al-Qur’an atau bagi teman-teman Nasrani mungkin jarang membaca Al-Kitab. Sekarang saatnya, lakukan itu! Bukan malah memperbanyak bermain gawai dan berselancar di media sosial. Anggap saja Tuhan rindu dengan kehadiran kamu, merasakan setiap detik yang kita lalui untuk senantiasa ingat kepada-Nya.

5. Refleksi Diri

Foto: pexels.com

Takaiters, jangan menyepelekan refleksi diri. Banyak sekali keuntungan yang kamu dapat saat merefleksikan diri. Kamu bisa memahami diri, apa yang dibutuhkan untuk ke depannya dan menjauhkan diri dari toxic dunia. Manfaat lain, rasa percaya diri akan bertambah.

Kamu juga akan lebih memahami setiap pertimbangan saat mengambil keputusan, bahkan memikirkan kembali keputusan besar yang akan diambil dalam waktu dekat.

Takaiters, mungkin bagi kamu yang selama ini menghabiskan separuh waktunya di tempat kerja atau di luar rumah, masa-masa sulit memerangi virus korona atau COVID-19 ini tidak mudah. Jika dulu libur sehari dan dua hari serasa Surga, tetapi libur berhari-hari bahkan dalam hitungan minggu membuat bosan dan mati gaya. Percayalah, banyak hal positif yang bisa dilakukan, tetap menikmatinya, bersyukur dan berdo’a tanpa harus mengeluh dan mengumpat.

Selamat mencoba tips di atas, Takaiters!