Halo, Takaiters!

Pernah mengalami problem bibir kering? Meski terdengar sepele, faktanya banyak orang yang mengalaminya. Jika dibiarkan tidak hanya mengganggu kesehatan tetapi juga penampilan dan tentu saja membuat tidak nyaman.

Banyak hal yang menjadi penyebab seseorang mengalami bibir kering. Berikut 5 kemungkinan yang menjadi penyebab bibir kering yang harus kamu hindari.

1. Kurang Minum 

Foto: busy.org

Masih banyak, kok, yang susah sekali minum air mineral. Lebih suka minum teh, susu, kopi, bahkan minuman kemasan. Padahal, kita membutuhkan minimal delapan gelas air mineral setiap hari agar organ tubuh bisa bekerja secara baik dan maksimal. Salah satu alarm yang mengisyaratkan bahwa tubuh kurang minum  adalah mengalami bibir kering. Jadi, tidak ada salahnya kamu memaksakan diri untuk minum cukup setiap harinya.

2. Kebiasaan Menjilat Bibir

Foto: puanpertiwi.com

Kebiasaan satu ini mungkin sering kamu lakukan tanpa disadari. Tahukah kamu, menjilat bibir membuat bibir menjadi lembab hanya dalam waktu singkat. Kelembaban ini akan menghilang karena cepat menguap dan membuat bibir menjadi kering kembali.

3. Salah Memilih Lipstik

Foto: pexels.com

Di zaman sekarang ini ada banyak sekali pilihan lipstik yang dijual. Mulai dari jenis, merk, warna, hingga variasi harga. Jika kamu salah memilih di antara banyak pilihan tersebut, salah satu imbasnya kamu akan mengalami bibir kering dan pecah-pecah.

Takaiters, kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik long lasting biasanya cenderung mengurangi kelembaban bibir. Untuk menghindarinya kamu bisa memilih lipstik yang mengandung lip balm yang berfungsi untuk melembabkan bibir.

4. Sering dan Terlalu Lama Berada Di Ruangan AC

Foto: pexels.com

Ini sering terjadi pada pekerja kantoran yang hampir separuh waktunya dihabiskan di dalam ruangan. Sudah menjadi hal yang sangat biasa, setiap ruang diberi fasilitas AC. Faktanya, berada di ruangan dingin atau ruangan ber-AC terlalu lama akan membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

5. Panas Dalam

Foto: parenting.orami.co.id

Bibir kering bisa menjadi tanda jika kamu sedang mengalami panas dalam. Sederhananya, panas dalam terjadi jika terlalu sering mengonsumsi makanan pedas, panas, dan bersantan. Solusinya adalah hindari pemicu makanan yang menjadi pemicu panas dalam dan ganti dengan makanan sehat, seperti green smoothies, jus buah, makan sayur, dan banyak mengonsumsi air putih hangat.

Nah, di antara 5 kemungkinan yang menjadi penyebab bibir kering di atas, manakah yang sering kamu lakukan dan wajib kamu hindari? Yuk, miliki bibir sehat dan terawat.