Dear Takaiters,

Nama kota Amsterdam tentunya sudah tidak asing lagi di telingamu. Benar, kota ini merupakan ibu kota negara Belanda. Hampir setiap hari dan setiap waktu kota ini penuh dikunjungi turis dari seluruh dunia, tapi apakah kamu tahu ada 5 keunikan kota ini yang wajib kamu tahu sebelum kamu menginjakkan kaki di sini? Yuk, langsung disimak.

1. Tempat Parkir Sepeda yang Enggak Pernah Sepi

Foto: Dokumentasi pribadi

Belanda adalah salah satu negara di Eropa Timur dengan pengguna sepeda terbanyak selain Denmark. Di mana-mana, siapapun, dengan cuaca apapun, pasti banyak orang yang naik sepeda. Di sini, anak-anak kecil sudah memegang dan berlatih bersepeda. Mereka bersekolah juga naik sepeda sendiri, didampingi oleh ayah ibunya. Di Amsterdam Central Station ada juga parkiran sepeda yang nggak pernah kosong. Lihat aja, tuh, buktinya.

2. Di Amsterdam Parkiran Sepeda Ada di Mana-Mana

Foto: anoukjanssen.blogspot.com

Parkiran sepeda tidak hanya ada di Amsterdam Central Station tapi ada di mana-mana di sudut kota. Di depan toko-toko, di ujung gang, di bawah lampu kota, sampai di jembatan seperti ini.

Jadi kalau kamu mau ambil sepedamu yang diparkir di sini, harus mengingat-ingat dimana kamu memarkirnya, ya!

Tapi sebenarnya kenapa orang Belanda banyak menggunakan sepeda? Karena dengan sepeda, kamu bisa menjangkau banyak alamat dengan lebih mudah, bebas biaya parkir dan tentu saja tambah sehat!

3. Amsterdam Mempunyai Kanal-Kanal Air yang Masih Dipakai secara Aktif

Foto: Dokumentasi pribadi

Selain jalan raya yang sibuk dengan para pengguna jalan, air pun juga dimanfaatkan oleh kota Amsterdam sebagai pendukung transportasi, turisme, dan bahkan ekonomi. Di sungai-sungai besar, masih banyak kapal sedang dan besar lewat untuk membawa barang-barang dari Belanda ke negara lain. Sedangkan kanal-kanal (grachten) masih dimanfaatkan untuk kapal kecil yang membawa turis-turis menyusuri dan menikmati kota Amsterdam atau kapal kecil yang disewa untuk ikut merayakan hari spesial seperti King’s Day.

4. Ayunan Paling Tinggi Se-Eropa Ada di Amsterdam

Tidak ada salahnya meskipun kamu sudah dewasa juga main ayunan (Foto: rtlnieuws.nl)

Di Amsterdam, tepatnya di seberang Amsterdam Central Station ada gedung yang menjulang tinggi bernama Adam Toren (Amsterdam Tower). Gedung ini dulunya adalah perkantoran yang kemudian lama tidak digunakan dan direnovasi sedemikian rupa, dan sejak dua tahun lalu dibuka kembali dan menjadi salah satu tempat menarik buat para turis. Gedung  ini dilengkapi dengan fasilitas lebih antara lain: hotel, museum, restoran, dan yang paling menarik adalah ayunan.

Pilihan Editor


Ayunannya ada di bagian paling atas, dinamakan Over The Edge. Nama yang pas, karena memang kalau kamu main ayunan di sini akan diayun sampai melebihi batas gedungnya. Dari ayunan ini kamu bisa menikmati kota Amsterdam dari ketinggian 100 meter dengan sempurna dari atas gedung.

Untuk menuju ke lantai paling atas, kamu juga bisa menikmati lift yang spektakuler, yang bisa membawamu ke ketinggian 100 meter hanya dalam 22 detik!

Nah, untuk menikmati itu semua kamu harus merogoh kocek sebesar 13,50 (dewasa) untuk tiket masuknya, dan 5 euro untuk ayunannya. Jadi total sekali masuk, kamu harus bayar 18,50 euro atau sekitar Rp296.000,00. Gimana, Guys, kira-kira kamu bernyali untuk nyoba, nggak?

5. Meskipun Jauh dari Tanah Air, Makanan Asia Mudah Ditemui di Sini

Foto: afhaalcentrumputra.nl

Dibanding dengan negara-negara Eropa lainnya, Belanda adalah negara yang sangat terbuka kalau soal kuliner. Terutama Amsterdam dan Den Haag.

Kalau kamu sedang berada di Amsterdam dan kangen masakan Indonesia atau at least yang pas dengan lidah orang Asia, kamu bisa dengan mudah menemukannya. Ada banyak toko kecil dan restoran Indonesia yang selain menyediakan makanan berat seperti nasi rames, urap, soto, sampai mie ayam, juga menyajikan jajanan seperti lumpia, lemper, pastel, kue lapis legit, dan lain-lain.

Di Amsterdam juga ada China Town, yang tentu saja punya banyak pilihan dari selada pepaya ala Thailand, sup ala Vietnam sampai Pecking Duck ala China. Dijamin gak bakal kelaparan kalau di Amsterdam, deh!

6. Amsterdam dengan Keanekaragaman Penduduknya

Foto: geheugenvanwest.amsterdam

Jika kamu berjalan jalan di Amsterdam, kamu akan bertemu dengan banyak orang dari seluruh dunia dengan warna kulit, rambut, mata, bahasa yang bermacam-macam. Jangan heran, karena sesuai dengan sebuah penelitian di tahun 2017, Amsterdam adalah kota dengan jumlah 180 kewarganegaraan (nationalities), padahal jumlah total kewarganegaraan di dunia adalah 192.

Dari 180 kewarganegaraan itu banyak yang pasti sudah Takaiters kenal seperti: Amerika, Spanyol, Cina, Australia, Turki, dan Indonesia misalnya, tapi juga ada orang-orang dengan kewarganegaraan Lesotho, Guinea Bissau, Oman, Korea Utara, dan Mozambique. Meski begitu masyarakatnya bisa hidup berdampingan dan bekerja sama satu sama lain. Wah, perlu dicontoh ‘kan?

Nah, itulah 6 Fakta unik tentang kota Amsterdam yang harus kamu tahu, menurutmu fakta mana yang paling menarik, Guys?