Hai, Takaiters!

Takaiters mungkin sudah mendengar tentang odading Mang Oleh yang sedang hangat dibicarakan di media sosial. Seorang penjajah roti khas Jawa Barat ini mempromosikan dagangannya secara tak biasanya agar laris.

Dengan kekocakannya, Mang Oleh mempromosikan odading buatannya. Dia menyebutkan badan seperti Iron Man jika telah menikmati odading buatannya.

Tahukah Takaiters apakah odading tersebut? Odading adalah roti goreng khas Jawa Barat yang rasanya tak kalah enaknya dengan roti yang lainnya. Berikut Lima fakta tentang odading, roti goreng yang sedang viral,dikutip dari berbagai sumber, yuk disimak!

  • Asal usul nama Odading

Fakta tentang odading
Foto: TribunPontianak.tribunnews.com

Semula roti goreng ini tidak mempunyai nama. Pada zaman penjajahan Belanda seorang anak merengek pada ibunya agar dibelikan kue yang dijajakan seorang penjual roti goreng. Sang ibu memanggil penjual tersebut dan menyuruh pedagang membuka kue jualannya yang diletakkan di tampah dan ditutup dengan daun pisang.

Saat dibuka ibu tersebut berseru, “O, Dat Ding?” yang artinya “Benda apa itu?” Demikian akhirnya penjual roti tersebut memberi nama odading untuk roti goreng jualannya dan hingga saat ini nama tersebut masih digunakan.

  • Bahan pembuatannya

Fakta tentang odading viral
Foto: pexels.com

Bahan roti goreng atau odading terbuat dari campuran tepung terigu, gula pasir, garam, telur, susu full cream, ragi, panili, air, dan minyak goreng. Takaiters, sudah tahukan bahan pembuat odading ini, mari dipraktikkan, yuk.

  • Cara membuatnya

Fakta tentang odading jawa barat
Foto: Pexels.com

Buat biang untuk mengembangkan adonan dengan melarutkan ragi dalam air hangat. Kocok telur bersama gula hingga larut sisihkan. Campur tepung terigu, susu, panili. Masukkan biang ragi, kocokkan telur ke dalam campuran tepung terigu.

Aduk rata kemudian uleni dengan memberi air sedikit demi sedikit hingga Kalis. Istirahatkan adonan selama kurang lebih 20 menit atau sampai mengembang. Setelah mengembang bentuk bulat memanjang kemudian dipotong sesuai selera.

Lalu goreng dengan api sedang hingga berwarna kecoklatan. Mudahkan membuatnya, Takaiters.

  • Menikmati Odading

Fakta tentang odading roti goreng jawa barat
Foto: TheAsianparent

Odading sejenis roti hanya roti ini digoreng. Terbuat dari tepung terigu sebagai bahan dasar maka penikmat roti ini akan merasa kenyang setelah mengonsumsinya.

Odading enak dinikmati dengan kopi atau teh pada sore hari sehingga sangat cocok untuk camilan. Panganan ini dapat sebagai pengganjal perut sebelum makan malam tentunya.

  • Nama odading di daerah lain

Foto: cookpad.com

Odading sebenarnya ada juga di daerah lain hanya namanya berbeda. Seperti dilansir dari unggahan Facebook Ivan Lanin, wikipediawan pencinta bahasa Indonesia, nama odading di beberapa daerah di pulau Jawa yaitu, Bolang-baling (Semarang), Galendeng (Yogyakarta), kue Bantal (Jakarta), Roti goreng (Surabaya).

Pada beberapa daerah odading ada yang diberi wijen dan gula pasir pada permukaannya sehingga menambah enak rasa roti ini.

Itulah fakta tentang Odading, roti goreng khas Jawa Barat. Bagaimana, Takaiters tertarik untuk mencobanya? Cukup bikin di rumah tidak usah pergi ke Jawa Barat untuk merasakan enaknya odading ini. Selamat mencoba.