Hai, Takaiters!
Dasar negara kita adalah Pancasila. Pancasila digambarkan dengan seekor burung garuda atau elang mencengkeram pita bertuliskan Bhinneka Tunggal Ika yang artinya walau berbeda tetapi tetap satu.
Sebagai generasi muda, Takaiters, tahukah perbedaan antara peristiwa lahirnya Pancasila dan kesaktian Pancasila. Berikut Lima fakta perbedaannya agar Takaiters, tahu. Yuk disimak informasinya!

• Berbeda tanggal

hari kesaktian pancasila diperingati
Foto: Kompas.com

Kedua peristiwa ini sama-sama menggunakan nama Pancasila sehingga sering kali membuat keliru bagi yang tidak memperhatikannya. Tahukah Takaiters, jika hari lahirnya Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni sedangkan kesaktian Pancasila jatuh pada tanggal 1 Oktober. Jelas ya, Takaiters, perbedaannya jangan sampai terbalik.

• Peristiwa yang mengiringi

hari kesaktian pancasila tanggal
Foto: Detik.com (gambaran peristiwa G30S)

Lahirnya Pancasila merupakan awal dari Pancasila ditetapkan sebagai lambang negara. Bermula dari pidato Presiden Sukarno pada sidang Dokoritsu Junbi Chosakai ( dalam bahasa Indonesia adalah Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan) pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato Presiden Soekarno ini menyampaikan konsep dan rumusan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia merdeka.

Pidato Presiden Soekarno saat itu semula tidak ada judulnya, maka secara aklamasi diberi judul “Lahirnya Pancasila” oleh mantan ketua BPUPK, Dr. Radjiman wedjodiningrat.

Peristiwa kesaktian Pancasila berhubungan erat dengan peristiwa G30S PKI, yaitu gerakan tiga puluh September 1965. Peristiwa berdarah yang menewaskan 6 orang Jenderal, 1 orang kapten dan satu anak dari Jenderal Ahmad Nasution (alm), Ade Irma Suryani (alm). Selain itu rakyat juga banyak menjadi korban atas keganasan gerakkan ini.

G30S PKI adalah suatu gerakkan yang ingin mengubah ideologi Pancasila menjadi ideologi PKI. Bangsa Indonesia sangat menolak akan gerakan ini, maka pada tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai hari kesaktian Pancasila karena ideologi Pancasila kembali dikuatkan oleh pemerintah dan rakyat menolak segala paham pasca peristiwa G30S PKI.

Tempat bersejarah yang menyertainya

hari kesaktian pancasila diperingati setiap
Foto: Republika.co.id (gedung Pancasila tempo dulu)

Lahirnya Pancasila ditandai dengan pidato Presiden Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945 pada sidang BPUK(Badan Penyelidik Usaha Kemerdekaan). Pidato tersebut dibacakan di gedung Chou Sangi In di jalan Pejambon 2 Jakarta pusat, pada saat ini dikenal dengan gedung Pancasila.

Pada peristiwa G30S PKI terkenal dengan tempat bernama lubang buaya yaitu sebuah sumur tua tempat dibuangnya para Jenderal yang sebelumnya disiksa terlebih dahulu.

Penaikkan bendera

Foto: id.pinterest.com

Setiap memperingati hari nasional di Indonesia selalu diadakan penaikkan bendera merah putih. Pada tanggal 30 September bangsa Indonesia menaikkan bendera setengah tiang yang menandakan rasa duka yang mendalam atas korban keganasan PKI. Keesokan harinya tanggal 1 Oktober, bendera bendera dinaikkan menjadi satu tiang. Apakah Takaiters telah melakukan?

Penetapan pemerintah

hari kesaktian pancasila diperingati setiap tanggal brainly
Foto: Liputan6.com (lubang buaya, menjadi lokasi monumen Pancasila)

Hari lahirnya Pancasila akhirnya diperingati kembali setelah adanya keputusan Presiden (keppres) no 24 tahun 2016 menetapkan 1 Juni 1945 sebagai hari lahirnya Pancasila. 1 Oktober adalah hari peringatan kesaktian Pancasila. Peringatan ini ditetapkan dengan SK no 153/1967/ 27 September 1967 oleh Presiden Soeharto.

Sebagai generasi muda, Takaiters hendaknya tahu perbedaan dari kedua hari nasional ini karena hal ini merupakan peristiwa penting bagi bangsa Indonesia. Selain itu jangan melupakan jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020.