Halo, Takaiters!

Semua orang pasti pernah bermimpi saat tidur, bermimpi baik ataupun buruk. Sebagian orang beranggapan mimpi adalah bunga tidur tanpa makna apa-apa. Benarkah? Mimpi selalu menjadi hal yang misterius. Sejak dulu, sederet penelitian dilakukan untuk menguak misteri mimpi, tapi belum ada satupun yang berhasil secara sempurna.

Di Indonesia, mimpi sering dikaitkan dengan pertanda tertentu, atau sesuatu yang berhubungan dengan alam gaib dan berpengaruh di kehidupan nyata. Lalu muncullah buku-buku untuk mengartikan mimpi. Saat buku itu digunakan, arti dari mimpi-mimpi dalam buku tersebut ada yang tepat tapi banyak juga yang meleset.

Nah Takaiters, berikut beberapa fakta misteri mimpi yang terangkum dari beberapa sumber:

  1. Fakta menurut agama

Ilustrasi Sedang Bermimpi (Foto: sleepunwired.com)

Dalam pandangan Islam arti mimpi terbagi menjadi tiga. Pertama, mimpi yang berasal dari Tuhan. Kedua, mimpi dari dalam diri kita sendiri, seperti sesuatu yang sangat dipikirkan, sesuatu yang tersimpan di dalam memori otak, atau sesuatu yang teringat hingga terbawa ke alam mimpi. Ketiga, mimpi yang berasal dari setan, biasanya mempunyai sifat jelek, menakut-nakuti, mengerikan, dan menyeramkan.

  1. Fakta berdasarkan jenis mimpinya

Ilustrasi Mimpi Buruk (Foto: eficadamwildlife.com)

Sebuah penelitian telah dilakukan oleh Jennie Parker, Psikolog dari University of the West of England, bahwa wanita  dan anak-anak lebih sering dan mudah mengalami mimpi buruk daripada pria.

Penelitian lain juga menyebutkan bahwa pria lebih banyak bermimpi tentang pria sedangkan wanita seimbang, bermimpi tentang wanita dan pria. Oleh karenanya, pria bermimpi tentang wanita dapat menimbulkan rasa senang.

Pilihan Editor



  1. Fakta berdasarkan proses terjadinya mimpi

Ilustrasi Proses Terjadi Mimpi (Foto: blog.babble.com

Beberapa riset juga telah dilakukan oleh Rubin Naiman,PH.D, seorang psikolog klinis dengan bidang spesialisasi pengobatan integrating untuk tidur dan mimpi dari Universitas Arizona, USA, bahwa proses tidur adalah kemampuan untuk memprosesnya, mengurutkannya,  dan menyimpan kejadian pada hari bersangkutan.

Banyak penelitian yang hasilnya mendukung gagasan tersebut. Singkat kata, bermimpi itu seperti proses pencernaan, yaitu menelan, mencerna, dan menyaring semua informasi harian yang kemudian melakukan pembuangan di mimpi.

  1. Fakta berdasarkan kemampuan dalam mengingat dan merasakan mimpi

Ilustrasi Mengingat Mimpi (Foto: independent.co.uk)

Tidak semua orang mempunyai kemampuan dalam mengingat mimpi. Kita bisa bermimpi sepanjang malam, tapi hanya sedikit yang kita ingat bahkan terkadang kita tidak mengingatnya sama sekali. Apalagi saat kita terbangun dalam keadaan terkejut oleh dering alarm.

Kemampuan mengingat mimpi dengan baik tergantung dari aktifitas otak yang berbeda. Sementara kemampuan tubuh dalam merasakan efek mimpi adalah saat terbangun dari mimpi, tapi kita masih mempunyai reaksi yang sama dengan reaksi yang terjadi saat sedang bermimpi, contohnya seperti marah, sedih, bahagia, senang.

  1. Fakta dari aktifitas otak saat bermimpi

Ilustrasi Rapid Eye Movement, REM (Foto: sleepjunkie.org)

Mimpi berlangsung pada fase Rapid Eye Movement (REM). Fase tidur yang ditandai dengan gerakan kelopak mata yang cepat dan acak. Fase ini dibagi dalam dua katagori yaitu tonik dan phasic.

Penelitian yang dilakukan oleh Nathaniel Kleitman dan muridnya Eugene Aserinsky pada tahun 1953 menyebutkan kriteria fase REM meliputi gerakan cepat mata yang tertutup, muscle tone yang rendah, dan sebuah tegangan rendah Electroencephalography (EEG) yang cepat. Fase ini dapat dilihat menggunakan polysmnogram, studi untuk orang yang susah tidur. Pada fase REM ini, aktifitas neuron pada otak mirip dengan aktifitas sewaktu terjaga.

Nah, Itulah beberapa fakta yang berhasil diungkapkan dari ribuan misteri mimpi yang ada.

Gimana Takaiters, Percayakah kamu bahwa mimpi memang menyimpan banyak misteri, ataukah hanya benar-benar bunga tidur? Yang pastinya pengaruh di kehidupan nyata menjadi kewaspadaan saat kita bermimpi buruk, menjadi keinginan saat kita bermimpi menyenangkan, dan menjadi harapan saat kita bermimpi tentang pencapaian kesuksesan.