Hai, Takaiters!

Bajingan? Kata yang terdengar kasar dan menakutkan. Tetapi berbeda jika kamu berada di Temanggung. Kamu akan mendapatkan sebaliknya yaitu, manis, empuk, dan enak.
Ya, bajingan adalah sebutan kudapan yang ada di Temanggung. Kudapan ini sudah ada sejak dahulu kala, hingga kini masih digemari oleh masyarakat setempat dan pendatang.

Berikut ini lima fakta menarik Bajingan kudapan khas Temanggung tersebut yang akan menjawab rasa penasaran kamu, dilansir dari beberapa sumber. Yuks, simak, Takaiters!

1. Bukan terbuat dari sembarang singkong

Bajingan kudapan khas Temanggung
Foto: Hellosehat.com

Kudapan bajingan ini hanya berbahan singkong, gula merah, daun pandan, dan santan. Bahannya mudah didapat dan murah harganya. Tetapi singkong yang digunakan saat membuat kudapan ini bukan dari sembarang singkong. Diperlukan singkong dengan tekstur mempur atau empuk.

Biasanya singkong yang empuk berasal dari lahan yang subur. Seperti sawah atau lahan dengan curah hujan tinggi. Jika dibuat dari singkong yang tidak empuk maka kudapan ini akan terasa alot dan tidak enak dimakan.

2. Nama bajingan berasal dari sebutan sopir gerobak sapi di Temanggung

Fakta Bajingan kudapan khas Temanggung
Foto: republik.co.id

Bajingan adalah kudapan yang sangat bersahaja. Tahukah? Nama Kudapan ini diambil dari sebutan sopir gerobak sapi, di Temanggung, Lo.

Walaupun bajingan adalah kudapan yang bersahaja tetapi tidak untuk para sopir gerobak sapi ini. Mereka baru dapat menikmatinya jika mempunyai rezeki berlebih atau ada acara tertentu. Maka kudapan ini diberi nama bajingan.

3. Simanis yang membuat bahagia

Foto: travel.kompas.com

Salah satu bahan dasar pembuat kudapan ini adalah gula merah sehingga terasa amat manis.
Menikmati kudapan bajingan dapat membangkitkan rasa senang dan bahagia. Karena rasa manisnya dapat merangsang pelepasan hormon domain dan serotin. Sehingga menimbulkan rasa senang dan bahagia yang menikmati kudapan ini.

4. Kudapan yang mengalahkan coklat

Foto: Kompas.com

Walau sama-sama kudapan yang mempunyai cita rasa manis, bajingan dianggap lebih unggul dibandingkan dengan coklat, lho.

Jika pada coklat mengandung Trythopan dan phenylethylalanine, yang mampu memberi rasa bahagia. Maka pada kudapan bajingan saat dinikmati akan memberikan rasa senang, bahagia, dan mengenyangkan.

Seperti telah diketahui dalam singkong terkandung karbohidrat yang mampu memberikan rasa kenyang. Maka inilah salah satu keunggulan bajingan dibandingkan dengan coklat.

5. Sebagai teman minum teh atau kopi

Foto: hellosehat.com

Rasa kudapan bajingan yang manis ini sangat cocok sebagai teman minum kopi atau teh. Tetapi untuk mengimbangi rasa manis pada kudapan ini, buat teh atau kopi jangan terlalu manis atau tidak manis sama sekali. Dijamin kudapan ini akan memberikan sensasi yang nikmat.

Saat berkunjung ke Temanggung kamu harus coba kuliner bajingan kudapan khas Temanggung ini. Walau namanya mengerikan dan kasar tapi tidak dengan rasanya. Singkong yang mempur atau empuk dan rasa manisnya membuat kami sulit untuk melupakannya. Yuk, dicoba kuliner bajingan ini jika berkunjung ke Temanggung.