Hai, Takaiters!

Hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan gagal fokus. Pada saat itulah mungkin kamu mulai mencari-cari cara meningkatkan konsentrasi karena atak ingin aktivitas yang dijalani menjadi terganggu.

Sebab tanpa disadari kehilangan konsentrasi pada saat bekerja atau belajar akan membuat waktumu terbuang sia-sia karena kamu tidak bisa melakukan aktivitas dengan baik.

Selain itu, terkendala gangguan konsentrasi dapat membuat tanggung jawab dan pekerjaan terhambat sehingga apa yang kamu kerjakan tidak akan rampung tepat pada waktunya. Meskipun bukan permasalahan medis yang mendesak, tapi gagal fokus atau sulit berkonsentrasi bisa mengganggu aktivitas dan membuat suasana hatimu menjadi buruk.

Karena itu pula seseorang akan merasa kesulitan mengingat sesuatu, menjadi ceroboh, pelupa, tidak berenergi, hingga tak mampu menggarap sesuatu yang bersifat rumit.

Untuk mengatasi permasalahan ini, kamu dapat melakukan beberapa cara meningkatkan konsentrasi berikut ini, Takaiters!

1. Mendengarkan musik

Cara Meningkatkan Konsentrasi
Foto: Pixabay.com

Salah satu cara meningkatkan konsentrasi agar otak tetap fokus yaitu dengan mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas atau pekerjaan. Dari beberapa hasil penelitian, getaran gelombang suara pada musik dipercaya mampu meningkatkan hormon dopamin.

Hal tersebut karena musik mempunyai energi untuk menghilangkan stres dan tekanan bagi pendengarnya.

Selain dapat mengubah suasana hati seseorang menjadi lebih baik, mendengarkan musik favorit juga mampu menghentikan gangguan suara yang berasal di sekitar dan dapat menjadikan hidup terasa bahagia.

2. Menghindari sumber gangguan

cara meningkatkan konsentrasi belajar
Foto: Pixabay.com

Kamu harus menghindari sumber gangguan bila ingin meningkatkan konsentrasi agar bisa lebih fokus. Sadari terlebih dahulu apa saja penyebab buyarnya konsentrasimu, misalnya notifikasi ponsel, kebisingan, suara obrolan orang lain, terlalu lelah, atau juga suara yang mengganggu dari sumber lain.

Dengan mengetahui sumber gangguan kamu dapat memutuskan langkah tepat untuk mengatasinya, seperti dengan mematikan ponsel, menutup pintu, atau juga mencari tempat yang sepi dari jangkauan. Melakukan hal ini akan menjadikan pikiranmu mudah konsentrasi dan kembali fokus.

3. Membuat daftar prioritas

 cara meningkatkan konsentrasi anak
Foto: Pixabay.com

Membuat daftar prioritas diyakini dapat meningkatkan produktivitas. Kamu bisa menuliskan beberapa kegiatan yang harus diselesaikan hari ini. Urutkan berdasarkan tugas yang paling penting dan darurat, kemudian kamu bisa melanjutkannya dengan kegiatan lain yang memiliki tingkat kepentingan paling rendah.

Kamu harus fokus untuk mengerjakan tiga prioritas utama dari daftar kegiatan tersebut. Karena energi saat pagi hari masih sangat baik, maka kamu harus segera menyelesaikan tanggung jawab yang paling sulit terlebih dahulu supaya selanjutnya kamu bisa tetap produktif.

4. Istirahat sejenak

Foto: Pixabay.com

Kelelahan, stres, kurang tidur atau karena banyak pikiran yang membuat gelisah dan cemas bisa menjadi penyebab sulit konsentrasi. Cara paling baik untuk mengatasinya yakni dengan beristirahat sejenak agar otak dapat menghilangkan penat dan kembali fresh.

Kamu dapat menggunakan waktu untuk tidur siang selama 10 menit, menikmati camilan kesukaan, bercanda dengan orang terdekat, atau dengan jalan-jalan di sekitar untuk menghirup udara segar. Hal tersebut akan membuatmu bersemangat dan kembali berkonsentrasi sehingga kegiatanmu tidak terbengkalai.

5. Mengonsumsi makanan yang sehat

Foto: Pixabay.com

Agar konsentrasi tetap optimal kamu harus memperoleh asupan makanan yang memiliki nutrisi seimbang. Biasanya diet ketat dan rasa lapar dapat mengganggu konsentrasi. Beberapa jenis makanan yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi di antaranya yaitu wortel, sayuran hijau, bayam, dan jeruk. Dan kamu dapat mengonsumsi beberapa di antaranya supaya tingkat konsentrasimu bisa segera meningkat.

Ternyata cara meningkatkan konsentrasi di saat otak sedang tidak fokus bukanlah perkara yang sulit, ya. Takaiters dapat menggunakan beberapa cara tersebut mulai dari sekarang supaya tidak mengalami penurunan konsentrasi.