Hai, Takaiters!

Insomnia merupakan gangguan yang dapat menyebabkan seseorang sangat sulit untuk tidur, sulit tidur dengan nyenyak, atau malah keduanya. Apabila dibiarkan berlanjut, permasalahan ini akan menjadi kronis hingga membuatmu sama sekali tidak bisa tidur dan beristirahat.

Alhasil, kamu akan bangun tidur dengan keadaan tubuh yang lelah. Tak heran bila sebagian dari aktivitasmu pun ikut terganggu. Dengan demikian kamu membutuhkan cara mengatasi insomnia secara alami agar tidak menimbulkan efek samping.

Penyebab insomnia paling umum yakni adanya stres, kecemasan, dan kebiasaan tidur yang buruk. Oleh karena itulah tak jarang orang-orang yang mengalami insomnia memilih cara untuk mengatasinya dengan mengonsumsi obat tidur.

Sayangnya hal tersebut tidak direkomendasikan sebagai penanganan pertama bagi penderita insomnia. Sebaiknya kamu mencoba cara alami mengatasi insomnia berikut ini agar waktu istirahatmu bisa digunakan dengan maksimal.

1. Menetapkan jam tidur dengan teratur

Cara Mengatasi Insomnia tanpa obat-obatan
Foto: Pixabay.com

Cara mengatasi insomnia yang paling utama yakni dengan menetapkan jam tidur yang teratur. Kamu harus tidur sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sehingga tubuhmu akan terbiasa menerima waktu istirahat dengan baik.

Atau kamu dapat pergi tidur saat kondisi tubuh memang sudah sangat lelah. Biasanya tubuh yang lelah akan membuatmu lebih cepat terlelap. Akan tetapi kamu harus memastikan tidak membawa barang apa pun ke tempat tidur karena hal tersebut akan mengganggu keinginanmu untuk segera mengistirahatkan tubuh. Biasanya orang dewasa akan tidur pada pukul 10.00 atau 11.00 malam.

2. Rutin olahraga

Cara Mengatasi Insomnia parah
Foto: Pixabay.com

Rutin melakukan olahraga akan membantu tubuh melepaskan kortisol yang dapat mengganggu pola tidur alami. Kamu dapat berolah raga setiap pagi dengan melakukan berbagai kegiatan seperti yoga, peregangan, atau jalan sehat. Selain itu kamu juga dapat melakukan pemijatan dan peregangan sehingga aliran darah menjadi lancar.

Sedangkan bila kamu ingin olahraga saat malam hari, sebaiknya lakukanlah dengan jangka waktu 3 jam sebelum tidur. Dengan berolahraga akan menjadikan tubuh lebih lentur sehingga kamu akan terbebas dari rasa sakit yang dapat menganggu tidur nyenyakmu.

3. Mandi air hangat

cara mengatasi insomnia paling ampuh
Foto: Pixabay.com

Mandi menggunakan air hangat sebelum tidur menjadi salah satu cara alami mengatasi insomnia yang paling efektif. Hal tersebut karena setelah mandi air hangat tubuh akan menjadi lebih segar dan rileks sehingga kamu akan lebih mudah mengantuk dan cepat terlelap.

4. Rajin mengonsumsi tomat

Foto: Pixabay.com

Mengonsumsi tomat ternyata dapat membantu mengatasi insomnia. Selain memiliki harga yang relatif murah, jenis sayuran yang identik dengan warna oranye ini gampang didapatkan di pasaran.

Tomat juga tinggi akan kandungan melatonin yang mampu menjadi pengendali siklus tidur. Kamu dapat mengonsumsi tomat secara langsung atau juga dengan mengolahnya menjadi smoothie atau jus.

5. Menyingkirkan ponsel dari jangkauan

Foto: Pixabay.com

Jika ingin memiliki waktu tidur yang baik saat malam sebaiknya kamu berusaha menyingkirkan ponsel dari jangkauan saat menjelang jam tidur. Meskipun menerapkan hal ini terbilang cukup sulit, tetapi cara tersebut sangat efektif untuk mengatasi insomnia.

Kamu harus tahu bila bermain ponsel ternyata dapat membuat otak tetap bekerja karena cahaya yang dipancarkan oleh ponsel bersifat merangsang otak. Jadi wajar saja bila kamu susah terlelap bila terus-terusan bermain ponsel.

Takaiters harus bisa menerapkan beberapa cara mengatasi insomnia ini bila merasa memiliki gangguan tidur. Beberapa hal tersebut bahkan sangat gampang untuk dilakukan.

Jangan biarkan waktu istirahatmu menjadi terganggu dan menyebabkan aktivitas keesokan harinya menjadi tidak maksimal.