Halo, Takaiters!

Setiap tahun kita selalu merayakan hari raya Idulfitri yang dikenal dengan julukan hari kemenangan atau hari Lebaran. Setelah satu bulan lamanya selama bulan suci Ramadan kita bertarung melawan rasa lapar, haus dan hawa nafsu, serta meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah pada Allah. Lalu, lebaran seperti apakah yang kamu rayakan di tahun ini, apakah sama seperti tahun-tahun sebelumnya? Dipenuhi dengan hiruk-pikuk dan kebahagiaan untuk diri sendiri.

Takaiters, yuk, kita coba melakukan hal berbeda di tahun ini. Sebagai anak zaman now yang kece, tidak ada salahnya kita menitikberatkan lebaran tahun ini dengan ‘berbagi pada sesama’. Mungkin ide di bawah ini bisa Takaiters jadikan referensi.

1. Berbagi Parsel Lebaran untuk ART, Nanny dan Satpam Komplek Perumahan

Foto: beritasumut.com

Adakah diantara Takaiters yang sehari-harinya menggunakan jasa ART, nanny atau di komplek perumahan Takaiters tinggal ada satpam? Tahun ini, Takaiters bisa siapkan parsel lebaran untuk mereka.

Isinya apa saja? Bisa kue lebaran atau mungkin kebutuhan rumah tangga. Ini pasti sangat berarti bagi mereka. Tidak hanya menyiapkan dan memberikan parsel untuk saudara, teman, atau rekan kerja, Takaiters juga bisa berbagi kepada mereka yang sehari-hari membantu Takaiters.

2. Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu dan Lansia

Foto: kaltim.tribunnews.com

Sungguh Allah sangat mencintai orang-orang yang memuliakan anak yatim piatu, juga lansia yang tinggal di panti jompo. Menyisihkan sedikit THR yang Takaiters dapat dan membaginya untuk adik-adik yang sudah tidak mempunyai ayah dan ibu, serta para orang tua yang terpaksa menghabiskan masa tuanya tanpa kasih sayang dari keluarga. Supaya lebih berkesan, Takaiters bisa melakukan bersama teman-teman. Sedikit rezeki yang kita sisihkan, akan sangat berkesan dan berati untuk mereka. Wanna try it?

3. Ajak Beberapa Anak Jalanan untuk Membeli Baju Lebaran

Foto: suara.com

Ketika membicarakan tentang anak jalanan, apa, sih, yang ada di benak Takaiters? Sudah pasti lusuh, bau matahari dan kulit yang terbakar matahari. Yuk, kita pancarkan senyum bahagia untuk mereka di hari raya Idulfitri. Ajak mereka ke pusat perbelanjaan baju atau alas kaki, izinkan mereka memilih yang mereka suka, lalu Takaiters bayar. Insyaallah itu akan menjadi amal kebaikan. Tentu saja, doa dari mereka akan membuat rezeki Takaiters semakin melimpah. Tidak sempat melakukannya jelang Hari Raya? Pasca Hari Raya pun tidak mengapa. Baju baru dan sepatu baru akan tetap menjadi pelipur kebahagiaan buat mereka.

4. Mukena Baru untuk Para Janda Miskin

Foto: islampost.com

Takaiters, mukena menjadi salah satu hal penting ketika kita melakukan kewajiban salat lima waktu, menutup aurat dengan sempurna. Bagi para muslimah, seluruh tubuh, kecuali telapak tangan dan muka adalah aurat. Takaiters bisa membeli beberapa helai mukena lalu membagikannya kepada janda di sekitar lingkungan tempat tinggal Takaiters. Atau bisa juga diberikan kepada pedagang sayur dan pedangan kecil di pasar yang sudah berstatus janda.

Siapa tahu, mukena yang Takaiters berikan adalah mukena baru setelah dua tahun, tiga tahun, bahkan bertahun-tahun tidak pernah mereka ganti. Kebayang, enggak, sih, Takaiters, setiap mereka menggunakan mukena yang  diberikan ketika salat, mereka akan selalu ingat. Lalu dalam sujud dan doa mereka, ada nama si pemberi. Masyaallah.

5. ‘Open House’ untuk Para Fakir Miskin

Foto: regional.kompas.com

Apakah Takaiters sudah open house ? Atau masih bingung mau open house seperti apa? Setiap tahun open house yang dilakukan selalu sama, hanya terbuka untuk keluarga dan teman. Sekali waktu, Takaiters siapkan, baik itu Lebaran di hari kedua, ketiga, atau keempat, undang dan ajak fakir miskin di lingkungan tempat tinggal atau tempat kerja Takaiters untuk datang ke rumah Takaiters. Jamu dan layani mereka layaknya Takaiters menjamu dan melayani para tamu.

Siapa tahu selama ini mereka jarang sekali merasakan makanan enak dan lezat yang tentu saja bertabur di hari kemenangan tiba, mulai dari ketupat, opor ayam, rendang, kue kering, hingga minuman berwarna. Mereka juga berhak, lo, merasakan kebahagiaan yang kita rasakan. Jangan takut rumah kita menjadi kotor, malah dengan kehadiran mereka keberkahan akan datang ke rumah kita.

Selamat Lebaran dan selamat mencoba, Takaiters! Semoga Idulfitri tahun ini tidak hanya berkesan bagi kita, tapi juga untuk sesama.