Hai, Takaiters!

Seperti yang sudah kita ketahui virus covid 19 adalah sebuah virus yang diyakini berasal dari hewan seperti kelelawar, unta, dan dapat menyebar dari hewan ke manusia atau dari orang ke orang.

Penularan dari manusia ke manusia paling mungkin menyebar melalui lendir yang dihasilkan oleh batuk atau bersin. Kamu akan mengalami gejala flu seperti demam, batuk, dan pilek. Namun, orang yang terinfeksi virus corona mungkin mengalami kesulitan bernapas karena pneumonia dalam beberapa hari.

Saat ini belum ada obat untuk virus corona. Oleh karena itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menghimbau kepada warga untukĀ  mengambil tindakan pencegahan virus corona dengan serius dan selalu melakukan tindakan pencegahan, termasuk pemberlakuan social distancing.

Vaksin covid 19 dapat mengurangi resiko kematian dari penyakit COVID 19. Namun kita harus tetap melindungi diri kita dari virus Covid 19. Karena ketika kita menjaga diri kita dari virus tersebut berarti kita telah melindungi orang terdekat kita dengan umur yang rentan atas resiko Covid 19.

Kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk mencegah infeksi virus Covid-19. Yuks, simak Takaiters!

1. Mencuci Tangan Dengan Benar

tips mencegah infeksi virus covid-19
Foto: Pexels.com

Mencuci tangan dengan benar adalah cara paling sederhana namun paling efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid 19. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir minimal 20 menit.

Cuci sampai bersih, termasuk punggung tangan, pergelangan tangan, jari tangan dan kuku. Kemudian keringkan tangan Anda dengan handuk kertas, handuk bersih, atau pengering tangan.

Anda bisa menggunakan hand sanitizer untuk mencuci tangan. Gunakan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% untuk membunuh bakteri lebih efektif.

Sering-seringlah mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah makan, setelah menyentuh hewan, saat jatuh, dan setelah batuk atau bersin. Penting juga untuk mencuci tangan sebelum menyusui atau memerah susu.

2. Selalu Menggunakan Masker

pencegahan infeksi virus pada masa covid 19
Foto: walipop.com

Banyak orang memakai masker untuk menghindari paparan virus corona, meski masker ini tidak selalu efektif tetapi masker ini berguna untuk mencegah penyebaran virus corona.

Masker bedah atau merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan, harganya terjangkau, dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini saat beraktivitas sehari-hari.

Cara pakai masker yang benar adalah sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung, dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Meski masker ini tidak dapat sepenuhnya mencegah beban bakteri, namun penggunaannya dapat mengurangi risiko penyebaran penyakit menular termasuk virus corona. Dibandingkan dengan orang sehat, pasien dianjurkan memakai masker untuk mencegah penyebaran virus dan bakteri.

Respirator N95 adalah alat bantu pernapasan yang digunakan sebagai alat pelindung diri atau APD bagi tenaga medis yang merawat pasien COVID-19. Saat melepas masker, masker bedah, dan masker N95, jangan menyentuh bagian depan masker karena bagian ini penuh dengan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

Setelah melepas masker, cuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk menghilangkan bakteri dari tangan.

3. Menjaga Daya Tahan Tubuh

cara ampuh mencegah infeksi virus Covid-19
Foto : 1.bp.blogspot.com

Tubuh yang kuat dan sistem kekebalan tubuh yang kuat dapat mencegah terjadinya berbagai penyakit. Kita disarankan untuk menjaga dan memperkuat sistem kekebalan tubuh melalui pola makan yang sehat.

Makanan sehat seperti sayuran, buah-buahan dan makanan berprotein seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak. Jika masakan rumahan terlalu membosankan bagi anda, anda dapat membeli makanan siap saji atau takeaways di restoran, tetapi pastikan makanannya bersih dan mudah dicerna.

Kamu juga bisa menambah asupan suplemen sesuai kebutuhan dan sesuai anjuran dokter. Selain itu, olahraga teratur, tidur cukup, berhenti merokok dan minum alkohol dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah penyebaran virus corona. Beberapa informasi menunjukkan bahwa berjemur juga dapat mencegah infeksi virus corona.

4. Berikan jarak fisik dan isolasi diri

cara efektif mencegah infeksi virus Covid-19
Foto: globalnews.com

Pembatasan fisik atau alienasi fisik merupakan salah satu langkah penting untuk memutus mata rantai penularan virus corona. Kamu juga dapat mengisolasi diri dan keluarga di dalam kenyamanan rumahmu.

Pergilah keluar rumah hanya saat ada kebutuhan darurat atau mendesak, seperti berbelanja hal pokok atau perawatan medis. Saat pergi keluar rumah jangan lupa untuk senantiasa menjaga jarak minimal 1 meter.

5. Membersihkan Rumah dan Melakukan Disinfektasi Secara Rutin

Foto: Hellosehat.com

Selain menjaga kebersihan pribadi, sangat penting untuk menjaga kebersihan rumah Anda selama pandemi COVID19. Hal ini terjadi karena virus corona telah terbukti bertahan di permukaan selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari.

Oleh karena itu, rumah perlu dibersihkan dan dibersihkan secara teratur. Desinfeksi menyeluruh, termasuk furnitur dan peralatan listrik yang sering disentuh, seperti gagang pintu, remote control TV, keran, dan meja.

Kenakan sarung tangan dan masker saat membersihkan atau mendisinfeksi Setelah membersihkan rumah, cuci tangan dengan sabun dan air. Hal ini untuk mencegah kemungkinan penyebaran virus corona.

Selain berbagai metode yang disebutkan di atas, sekarang mungkin untuk mencegah infeksi virus Covid-19 dengan vaksinasi terhadap COVID-19. Agar vaksin bekerja lebih efektif, setelah menerima vaksin COVID-19, kamu perlu melakukan beberapa hal sebelum dan sesudah membersihkan rumah.