Halo, Takaiters!

Memiliki hidup yang lebih baik adalah dambaan setiap orang. Namun hal itu tentu saja tidak mudah untuk dilakukan. Perasaan cemas dan khawatir terkadang menjadi pemicu adanya kekhawatiran untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Selain itu, ada banyak faktor dari luar yang membuat kita tidak tenang. Tetapi ada hal penting yang harus kita lakukan untuk mulai menata hidup, yakni berdamai dengan diri sendiri. Hal ini lebih sulit daripada berdamai dengan orang lain dan membutuhkan konsistensi untuk menjalani. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa kamu ikuti, lho untuk bisa berdamai dengan diri sendiri. Simak yuk!

  • Belajar mengikhlaskan

berdamai dengan diri sendiri bahasa inggris
Foto: republika.co.id

Banyak nasihat dan pepatah yang mengharuskan kita untuk selalu ikhlas. Namun pada kenyataannya hal itu sulit untuk dilakukan, apalagi saat kita mengalami kegagalan. Rasa penyesalan yang sering timbul setelahnya membuat ikhlas itu menjadi sesuatu hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Langkah pertama, mulailah untuk bisa menerima kelebihan dan juga kekurangan dalam diri.

  • Memaafkan diri sendiri

berdamai dengan diri sendiri pdf
Foto: lampost.co

Masa lalu yang menjadi bagian dari hidupmu tidak selamanya terisi dengan hal-hal yang menyenangkan. Kesalahan dan kegagalan yang kerap kali mewarnai masa lalumu contohnya. Cara berdamai dengan diri sendiri yang selanjutnya yakni berusaha untuk memaafkan hal tersebut. Jangan terus menyalahkan dirimu sendiri dan cobalah untuk belajar agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

  • Istirahat sejenak

berdamai dengan diri sendiri artinya
Foto: magazine.job-like.com

Selain dua cara diatas, kamu juga harus memberikan waktu untuk tibuhmu untuk beristirahat. Ini juga merupakan cara yang ampuh agar kamu bisa berdamai dengan diri sendiri. Jangan biarkan kamu membuat tubuhmu bekerja terlalu keras dan melupakan waktu istirahat yang penting untuk kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa liburan atau pergi ke suatu tempat untuk membuat tubuhmu rileks sebagai bentuk apresiasi atas apa yang telah dilakukan.

  • Lakukan meditasi

Foto: tirto.id

Meditasi adalah kegiatan melatih fokus pikiran untuk tetap tenang dan memiliki pemikiran yang jernih dalam menghadapi sesuatu. Tidak perlu pergi jauh ke tempat sepi, kamu bisa melakukannya di rumah selama 15 sampai 20 menit. Dengan duduk santai sambal mengatur pernapasan, meditasi ini cukup mudah untuk dilakukan.

  • Buat rencana hidup kedepannya

Foto: finansialku.com

Cara selanjutnya yaitu dengan membuat rencana hidup kedepannya. Meski terkesan visioner, namun hal ini penting untuk merancang apa yang ingin kamu lakukan di masa depan. Fokuskan dirimu untuk mewujudkan rencana yang telah kamu buat. Jangan lupa juga untuk menuliskan kesalahan apa yang pernah kamu lakukan agar tak terulang di kemudian hari.

Sebelum melangkah ke lingkungan luar, berdamai dengan diri sendiri adalah cara utama yang harus kamu lakukan. Lakukan ini agar kamu bisa lebih menghargai dan mengapreasi dirimu sendiri. Cara diatas adalah beberapa langkah mudah untuk mulai berdamai dengan diri sendiri. Selamat mencoba, ya, Takaiters!