Hai, Takaiters!

Hari ini seluruh umat Islam di dunia akan merayakan Iduladha. Hari raya Iduladha sering juga disebut dengan Hari Raya Qurban. Umat Islam yang mampu akan berkurban dalam bentuk menyembelih hewan kambing atau sapi. Daging sapi atau kambing akan dibagi-bagikan sehingga pada saat itu seluruh umat Islam yang tidak mampu merasakan mengonsumsi daging kambing atau sapi. Daging sapi atau kambing akan diolah menjadi berbagai olahan seperti, sate, gulai, rendang, sop, dan lain-lain.

Tetapi tahukah Takaiters, jika berlebihan mengonsumsi daging kambing akan berdampak negatif. Kandungan lemak jenuh pada daging kambing bisa meningkatkan risiko terkena kolesterol tinggi. Maka untuk menghindari efek negatif dari mengonsumsi daging kambing atau sapi, berikut 5 asupan penetral agar terhindar dari kolesterol, yaitu:

1. Acar

Gambar terkait
Foto: Vemale

Bawang dan ketimun dalam acar mengandung asam amino belerang yang dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan menaikkan kolesterol baik (HDL). Sehingga acar dapat sebagai penyeimbang kenaikan kolesterol dalam darah.

2. Tomat

Hasil gambar untuk tomat
Foto: Alodokter

Tomat sebagai salah satu jenis sayuran penawar kolesterol. Senyawa likopen yang terkandung dalam tomat inilah yang menjadi penawar kolesterol. Tomat lebih berkhasiat sebagai penawar kolesterol jika dikonsumsi dalam bentuk pasta dan jus.

3. Kacang Almond

Hasil gambar untuk kacang almond
Foto: Pexels

Jenis kacang-kacangan ini mengandung lemak tak jenuh sehingga dapat menetralkan kolesterol jahat dalam darah. Selain itu kacang almond juga mengandung mineral, vitamin, serat, dan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Mengonsumsi almond dalam kurun waktu kurang lebih sekitar 3 bulan mampu menurunkan kolesterol hingga 10%.

4. Jus Jeruk

Hasil gambar untuk Jus Jeruk
Foto: Pexels

Jika mengonsumsi daging kambing atau sapi jangan lupa disertai minuman jus jeruk, tetapi tanpa tambahan gula. Kandungan flavonoid dalam jeruk yang bernama hesperidin mampu menghambat kolesterol jahat (LDL) yang berlebih.

5. Teh

Gambar terkait
Foto: Tribun News

Selain minuman jus jeruk, minum teh tawar setelah mengonsumsi daging kambing atau sapi juga baik. Sama dengan jus jeruk, teh tawar dapat menurunkan kolesterol jahat karena kandungan Katecinnya.

Demikian Takaiters, 5 asupan penetral setelah mengonsumsi daging kambing atau sapi pada saat Hari Raya Iduladha. Hal ini penting agar Takaiters terhindar dari efek negatif yang ditimbulkan ketika mengkonsumsi daging saat Hari Raya Iduladha. Selamat menikmati hidangan dan semoga sehat selalu.