Halo, Takaiters!

Ngacung, dong, yang sebentar lagi akan melepas masa lajang. Deg-degan, riweuh dan bahagia tentunya dalam mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan hari bahagia. Mulai dari tanggal pernikahan, gedung, catering, tema pernikahan, undangan, MUA dan masih banyak hal lain yang perlu tidak perlu akan tetap dibicarakan untuk mewujudkan pernikahan impian.

Takaiters, tidak jarang dalam mempersiapkan pernikahan akan timbul perdebatan dan selisih paham antar pasangan. Satu hal yang pasti, dalam mempersiapkan pernikahan kedua belah pihak harus dapat meredam ego dan saling komunikasi satu dengan yang lain. Menyatukan ide dan menyesuaikannya dengan budget agar momen pernikahan dapat menjadi kenangan indah.

Takaiters, salah satu hal yang menjadi bagian penting dari sebuah pernikahan adalah mahar atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘mas kawin’. Mahar merupakan syarat yang harus ada dalam sebuah pernikahan. Tidak harus mahal, mahar terbaik yang diberikan adalah mahar yang tidak memberatkan salah satu pihak. Apalagi, hanya karena mahar pernikahan pun gagal dilaksanakan.

Berikut 4 contoh mahar yang bisa kamu jadikan referensi di pernikahan impian kamu nantinya.

Seperangkat Alat Salat plus Seperangkat Alat Hobi Calon Pengantin Perempuan

Foto: pexels.com

Buat kaum Adam mungkin ada diantara kalian yang mempunyai pasangan hobi fotografer. Tidak ada salahnya selain mahar berupa seperangkat alat salat, kamu juga menambahkan sebuah kamera berkualitas. Kamera yang sudah lama diincar.

Atau mungkin hobi calon pengantin perempuan memasak, kamu bisa memberikan peralatan masak, seperti oven listrik dan mixer. Mahar seperti ini tentu saja selain unik juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan tidak menutup kemungkinan dari mahar yang diberikan juga dapat menghasilkan uang nantinya. Berani tampil beda?

Cincin yang Bertuliskan Nama

Foto: gravographellas.gr

Takaiters, selain seperangkat alat salat, perhiasan adalah pilihan paling umum untuk dijadikan mahar. Sering kali, emas, perak dan titanium menjadi pilihan. Jika mempunyai kemampuan finansial, bisa memberikan satu set perhiasan, mulai dari kalung, cincin, gelang dan anting. Jika memberatkan, cincin saja sudah cukup, lo! Supaya lebih spesial dan berkesan, tidak ada salahnya cincin tersebut berukirkan nama kedua calon pengantin.

Ketika kedua pasangan ribut atau berselisih paham setelah menikah nanti, akan terhenyak dan meluruhkan ego untuk saling memaafkan saat melihat cincin yang melingkar di jari manis. Duh, so sweet sekali, Takaiters! Kadang hal kecil seperti ini bisa menjadi reminder dalam mengarungi bahtera pernikahan nantinya.

Punya cukup rezeki, kenapa tidak memberikan mahar dalam bentuk rumah, apartemen, atau kendaraan?

Foto: pexels.com

Di zaman sekarang ini, banyak generasi muda yang benar-benar mempersiapkan diri sebelum memasuki jenjang pernikahan. Selain mental, tentu saja mempersiapkan finansial. Calon pengantin laki-laki mempunyai pekerjaan yang mapan dan tabungan untuk pernikahan. Jika ini terjadi pada kamu, tidak ada salahnya memberikan sebuah rumah, apartemen, atau kendaraan sebagai mahar pernikahan.

Selain membuat pasangan bahagia, mahar seperti ini juga bisa menjadi investasi atau aset yang dapat dinikmati bersama setelah menikah. Siap untuk bekerja lebih keras, Guys?

Mahar Berupa Mata Uang Asing

Foto: pexels.com

Takaiters, mahar mata uang asing sebenarnya bukanlah hal yang baru di Indonesia. Kalangan artis dan selebritis sudah sering menggunakan mahar mata uang asing, mulai dari Dollar US, Real, Yen, hingga Dinar. Besar nominalnya berdasarkan tanggal dilaksanakannya akad nikah atau tanggal ‘jadian’. Well, adakah di antara Takaiters ada yang ingin mengikutinya?

Nah, Takaiters, apapun bentuk mahar yang diberikan calon pengantin laki-laki kepada calon pengantin perempuan, entah bernilai besar atau kecil, tentu tidak akan menentukan kebahagiaan pernikahan di masa depan. Namun, percayalah, banyak perempuan yang menginginkan mahar yang berkesan dan bisa dikenang sepanjang hayat.