Hai, Takaiters!

Karya fiksi merupakan hasil yang berasal dari imajinasi kreatif, dengan kata lain tidak berdasarkan fakta atau sejarah yang sudah ada dan kecocokannya dengan dunia nyata pun dapat diasumsikan oleh pembacanya. Akan tetapi dalam menulis fiksi, penulis juga harus tetap memerhatikan kesesuaian beberapa aspek dalam karya tulisnya dengan kebenaran yang ada di dunia nyata sehingga tidak akan menimbulan cacat logika.

Tidak hanya asyik dinikmati di waktu luang, manfaat membaca novel fiksi juga sangat beragam dan mungkin masih tak banyak diketahui.

Kebebasan dalam berekspresi menjadi salah satu daya tarik dari novel fiksi. Salah satu poin paling menarik dari novel fiksi yakni kekuatan imajinasi yang dituangkan oleh penulisnya. Dengan membaca novel kamu dapat membuang rasa bosan, menambah pengetahuan dan pengalaman, serta mengasah kreatifitas yang dimiliki.

Akan tetapi secara khusus ada beberapa manfaat membaca novel yang bisa kamu ketahui. Check it out!

1. Pikiran jadi terbuka

manfaat membaca novel fiksi
Foto: Pixabay.com

Salah satu manfaat membaca novel fiksi yang bisa kamu rasakan yaitu pikiran menjadi lebih terbuka. Meskipun novel fiksi yang kamu baca bukan berisi pengetahuan, sejarah, atau semacamnya, tetapi alur cerita yang disuguhkan oleh penulis di dalam plotnya dapat membuatmu menjadi lebih open minded.

Hal tersebut karena kamu mulai mengetahui beberapa hal baru, memahami budaya baru, pengembangan serta penyusunan konflik yang rapi, dan kisah inspiratif yang digambarkan di dalam novel.

Dari banyak hal yang baru ditemui itulah kamu akan menemukan sudut pandang yang berbeda dan memiliki wawasan yang lebih luas sehingga aktivitas membaca novel bukan sekadar hiburan biasa.

2. Menggugah rasa empati

manfaat membaca novel negeri 5 menara
Foto: Pixabay.com

Bukan hanya membuat pikiran kita lebih terbuka, tapi dengan membaca novel fiksi juga akan membuatmu menjadi lebih empati. Empati merupakan kemampuan untuk dapat merasakan atau memahami serta memosisikan diri pada situasi yang terjadi.

Rasa empati akan tumbuh saat kamu berhasil memahami kehidupan batin para karakter yang dieksplorasi oleh penulisnya sehingga hal tersebut akan menjadikanmu lebih peka dalam memahami keadan serta keyakinan orang lain.

Jadi tak heran bila kamu pun turut menangis saat membaca adegan sedih, atau marah ketika membaca adegan yang terkesan menyebalan dan menyakitkan.

3. Belajar dari kesalahan tokoh

Manfaat Membaca Novel fantasi
Foto: Pixabay.com

Meskipun berupa karya fiksi, tapi kamu juga akan menemukan kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh tokoh. Kesalahan tersebutlah yang dapat dijadikan pelajaran agar kamu tidak turut melakukannya. Selain itu, kamu juga akan menemukan sebuah permasalahan yang dimiliki si tokoh.

Lantas kamu juga bisa memahami bagaimana cara tokoh tersebut menyelesaikan masalah yang dia miliki. Dan kedua hal tersebut merupakan pelajaran yang bisa sangat berarti.

Pada dasarnya pelajaran yang dapat diambil saat membaca novel yakni tentang komunikasi, kemampuan menyelesaikan masalah, serta loyalitas. Begitu pun dengan novel fiksi roman yang ternyata ceritanya lebih dekat dengan kehidupanmu sehari-hari.

Jadi tak ada salahnya bila kamu senang membaca novel fiksi sebab ada beberapa keuntungan yang bisa dirasakan selain dari segi hiburan.

4. Mengasah imajinasi dan kreativitas

Foto: Pixabay.com

Saat kamu membaca novel, maka pikiranmu secara tidak langsung akan berimajinasi dengan sendirinya untuk menggambarkan bagaimana setting, plot, sampai wajah para karakternya. Dengan begitulah kreativitas serta imajinasimu akan terus terasah dan mendapatan ide-ide baru yang lebih memukau.

Membaca novel terutama fiksi akan membuatmu berimajinasi dengan bebas untuk menggambarkan bagaimana jalannya cerita sesuai dengan apa yang telah dibaca. Sehingga kamu tidak akan gampang bosan untuk melestarikan budaya membaca.

Setelah mengetahui beberapa manfaat membaca novel fiksi yang mengagumkan ini, pasti Takaiters akan merasa sangat bersyukur. Membaca bukan hanya untuk memperbaiki suasana hati yang buruk, tapi akan membuatmu lebih beruntung dengan keberagaman manfaatnya ini.