Hi, Takaiters!

Sesuai dengan tajuknya, Consumer Electronics Show (CES) 2020, sejumlah produk baru dari lini laptop pun ikut mengambil langkah. Lantas, produk-produk itu pun langsung masuk barisan nama-nama baru di awal tahun ini.

Banyak pabrikan yang memanfaatkan event besar ini sebagai momentum untuk memamerkan produk-produk baru mereka. Apa lagi kalau bukan untuk bersiap-siap lepas landas ke pasaran?

Dari segelintir produk-produk baru yang muncul mengambil tempat, laptop yang mengusung fitur jaringan koneksi 5G nampaknya paling mencuri perhatian di CES 2020.

Dilengkapi Fitur Jaringan Koneksi 5G

Laptop dengan koneksi 5G tahun 2020
Konektivitas Jaringan 5G. Foto: Giga Light

Fitur koneksi generasi terbaru itu merupakan topik yang tengah hangat dibicarakan sehingga langkah beberapa perusahaan yang mengusung fitur tersebut dinilai cukup tepat.

Selain karena faktor momentum, hadirnya laptop 5G juga jelas bakal melipat waktu banyak orang yang sudah tak sabar menunggu lama. Alasannya, fitur 5G sendiri merupakan titik wacana utama di jagat teknologi saat ini.

Gelaran CES 2020 memang diharapkan sebagai awalan untuk benar-benar menyambut datangnya era jaringan 5G tahun ini. Sejak dua tahun lalu, pembicaraan terkait teknologi konektivitas ini selalu menarik.

4 Laptop 5G yang Memulai Peruntungannya

Sejumlah pihak menilai bahwa konsep Internet of Things (IoT) bakal makin optimal, kalau hadirnya konektivitas beserta perangkat-perangkat yang ngedukung jaringan 5G tidak selambat wacana di masa-masa awalnya dahulu.

Tahun 2020 dianggap sebagai waktu yang cukup ideal bagi era 5G benar-benar terealisasi. Kemunculan Laptop 5G semacam jadi pertanda untuk itu semua. Langkah yang diambil terkait hal ini bisa jadi permulaan alur dalam meng-upgrade komputasi jaringan secara masif.

Paling tidak, tiga vendor telah memamerkan produknya untuk dilepas di masa mendatang. Dari ketiganya, ada empat laptop 5G yang resmi mengambil antrean untuk memperkuat wacana tersebut sebagai rencana.

Ngomong-ngomong nih, bagaimana, sih, empat laptop yang dimaksud? Nah, simak daftar ulasannya berikut ini, nih!

1. Dell Latitude 9510

Laptop Dell terbaru
Dell Latitude 9510. Foto: CNet

Dalam gelaran CES 2020 kemarin, Dell telah mengambil ancang-ancang. Laptop yang diberi nama: Dell Latitude 9510 ini masih sekadar dipamerkan sebelum jadwal rilisnya mulai dirilis pada pertengahan Maret nanti.

Dell Latitude 9510 sendiri diperkuat oleh beberapa atribut menarik, seperti daya baterai yang diklaim punya daya tahan selama 30 jam, fitur Wi-Fi 6, dan tampilan grafis 400-nit full HD dengan cakupan gamut 100 persen sRGB. Sementara, fitur 5G masuk dalam layanan opsional dari laptop 14 inci ini.

2. HP Elite Dragonfly G2

Produk baru HP di CES 2020
HP Dragonfly G2. Foto: Venture Beat

Desain ukurannya sedikit lebih kecil ketimbang Latitude 9510 besutan Dell. Perbedaan lainnya terletak pada sang vendor, HP yang juga lebih tertutup soal detail spesifikasi dan waktu perilisannya.

Sejauh yang diketahui nih, Elite Dragonfly G2 bakal dilengkapi tiga opsi fitur utama. Sama seperti Dell, fitur 5G juga merupakan layanan opsional yang diperkirakan bakal dipasarkan mulai pertengahan tahun 2020 mendatang.

3. Lenovo Yoga 5G

Convertible Laptop Lenovo
Lenovo Yoga 5G. Foto: Venture Beat

Lenovo Yoga 5G dijanjikan bakal tersedia di pasar Amerika pada kuartal kedua tahun ini. Pihak Lenovo memasukan produknya ini sebagai convertible laptop dengan koneksi 5G pertama. Bukan menjanjikan 5G saja, pihaknya juga menyematkan chipset Qualcomm Snapdragon 8cx 5G di bagian dapur pacunya.

Merujuk pada spesifikasi desainya, Yoga 5G nampanya dirancang untuk mendukung mobilitas penggunanya. Pasalnya, laptop ini punya bobot cukup ringan, yakni 1,3 kg serta daya tahan baterai hingga 24 jam lamanya.

4. Lenovo Thinkpad X1 Fold

Laptop Lenovo terbaru
Lenovo Thinkpad X1 Fold. Foto: CNet

Pabrikan yang bermarkas di Hong Kong ini tampil cukup serius di ajang tahun CES 2020. Selain Yoga 5G, Lenovo juga memperkenalkan laptop yang layarnya bias dilipat alias foldable laptop bernama Thinkpad X1 Fold. Dibekali layer OLED 13,3 inci, laptop ini tidak memperlihatkan tembok keyboard sama sekali. Semua hanyalah layar display.

Remah-remah rumor soal seri Thinkpad ini sebenarnya suda berkembang sejak tahun lalu berkat prototipe yang dipamerkan oleh sang vendor. Berbeda dengan Yoga 5G, Lenovo mengklaim laptopnya ini sebagai foldable laptop pertama di dunia. Maka dari itu, tidak mengagetkan jika Thinkpad X1 Fold diharapkan juga tiba bersama dukungan koneksi 5G.

Namun, Tunggu Dulu …

Seberapa siap teknologi 5G di dunia?
Konektivitas 5G. Foto: Forbes

Walaupun keempatnya mengklaim kesiapannya tahun ini, tetap saja, kita semua harus lebih bersabar lagi. Pasalnya, perangkat-perangkat tersebut sama saja seperti kita. Sama-sama ‘dipaksa’ menunggu: kapankah jaringan 5G itu benar-benar mengudara, coba?

Karena begini, lo … Percuma aja kan, udah punya perangkat 5G tapi 5G-nya sendiri belum ada? Hal itu bisa-bisa jadi kontraproduktif nantinya. Panoramanya pun jadi sama kayak punya smartphone canggih, tetapi tanpa kuota internet. Iya, enggak, sih?