Halo, Takaiters!

Saat menyebut kata Palembang, apa yang langsung kamu ingat? Yup, tepat sekali, pempek. Palembang identik dengan makanan khasnya, yaitu pempek. Saking terkenalnya sampai kota ini disebut juga kota pempek atau empek-empek.

Namun, tahukah Takaiters, selain pempek, Palembang juga memiliki makanan khas yang sayang banget kalau tak dilestarikan? Salah satunya olahan ketan.

Mau tahu, Takaiters? Yuk, disimak satu-persatu!

1. Ketan Impit

Foto: cookpad.com

Makanan ini terbuat dari campuran ketan, santan, garam yang diaron, dan dikukus. Lalu, dicetak menggunakan cetakan berbahan kayu yang berlubang bagian atas dan bawahnya.

Jadi ketan yang telah masak tadi dimasukan ke cetakan, dan diimpit atau ditekan-tekan. Tujuannya agar ketan menjadi padat. Karena perlakuannya yang diimpit-impit inilah makanan ini disebut ketan impit, Takaiters.

Teman setia ketan impit adalah telur rebus. Eits, tapi ini bukan telur rebus biasa, Takaiters. Melainkan telur rebus berbumbu.

Pengerjaannya sama seperti merebus telur seperti kebanyakan, hanya saja pada saat merebus telur tak hanya menggunakan air sebagai media.

Ada tambahan berupa daun salam, asam jawa, dan kecap asin. Semua bahan ini dimasukan pada saat merebus telur. Hasilnya, tentu saja meresap langsung dengan telur, ya, Takaiters. Bila cangkang telur retak-retak, itu berarti telur siap diangkat. Setelah dikupas, siap, deh, dinikmati dengan ketan impit, Takaiters.

2. Ketan Pupuk

Foto: cookpad.com

Mengapa disebut demikian? Karena di toppingnya kita taburi parutan kelapa yang ditambahkan sedikit garam. Jadi ketan dimasak seperti biasa dengan cara diaron, dan dikukus ya, Takaiters. Meski buatnya simple tapi rasanya layak banget diperhitungan. Rasa gurih membuat lidah tak berhenti menari.

3. Ketan Salak

Foto: cookpad.com

Jangan pernah berpikir bahwa ada buah salak di ketan ini, ya, Takaiters. Disebut ketan salak karena warnanya yang kecoklatan mirip buah salak. Warna coklat ini dihasilkan dari irisan gula merah. Singkatnya ketan salak merupakan campuran ketan dan irisan gula merah yang diaron dan dikukus. Karena menggunakan gula merah, maka saat memasaknya harus selalu diaduk ya, Takaiters, biar tak gosong.

Untuk toppingnya sendiri sama seperti ketan pupuk. Ditaburi parutan kelapa yang dicampur garam. Bagaimana, unik kan makanan ini?

4. Engkak Ketan

Foto: cookpad.com

Meski ujung namanya menggunakan kata ‘ketan’, tapi makanan ini bukan menggunakan ketan, melainkan tepung ketan. Jadi, engkak ketan merupakan makanan berbahan dasar santan, tepung ketan, gula pasir, telur dan mentega leleh. Nah, cara memasaknya unik, lo, Takaiters. Campuran adonan ini dipanggang dalam cetakan selapis-selapis hingga adonan habis. Wah, ternyata untuk menghasilkan satu loyang engkak ketan butuh kesabaran banget ya, Takaiters. Jadi bukan hanya rasanya yang enak cara memasaknya juga unik.

Darikeempat ketan di atas, yang paling ingin kamu cicipi yang mana, Takaiters?