Hai, Takaiters!

Selama ini, rebahan selalu identik sebagai kegiatan menghabiskan waktu dengan tiduran sambil mendengarkan musik, bermain game serta berselancar di media sosial. Entah siapa yang pertama kali mengenalkan istilah tersebut. Akan tetapi, tidak dapat dimungkiri bahwa belakangan ini rebahan menjadi salah satu hal yang paling digemari orang-orang terlebih di tengah work at home seperti sekarang. Rebahan biasanya disebabkan beberapa faktor, seperti bosan terhadap rutinitas yang sama setiap harinya, melepas penat, waktu luang yang banyak, hari libur dan lain sebagainya.

Apabila rebahan dijadikan kebiasaan tanpa dimanfaatkan dengan baik, maka akan ada banyak waktu yang terbuang sia-sia. Tanpa sadar, hal tersebut tentunya akan berpengaruh besar terhadap tingkat produktivitasmu sehari-hari. Untuk menyiasatinya, kamu perlu mengisi rebahan itu dengan hal-hal bermanfaat.

Berikut ini 4 kegiatan positif untuk menjagamu agar tetap produktif sekalipun sedang rebahan. 

1. Menulis       

Foto : andrewlloydgordon/pixabay.com

Ditinjau dari berbagai sisi, menulis memang memiliki beragam faedah yang luar biasa sehingga tidak salah jika kegiatan ini berada di posisi pertama. Selain menyehatkan mental, memperkuat kemampuan memori otak, dan merangsang saraf motorik untuk bekerja lebih baik, menulis juga salah satu ciri yang menandakan seseorang produktif dan aktif.

Menulis adalah kegiatan simpel yang dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun. Kamu juga bisa mengatur jadwalnya sesuai keinginan. Akan tetapi, khusus kamu yang tidak terbiasa menulis, mungkin akan mengalami sedikit kendala. Namun, itu bukanlah masalah besar. Sebagai langkah awal, kamu bisa mulai dengan menuliskan sesuatu yang dikuasai. Semakin dekat dan erat dengan kehidupan pribadi dan kemampuanmu, maka akan semakin mudah.

Selain itu, menulis juga menjadi oase segar bagi pejuang rupiah, lo, karena dapat mendatangkan penghasilan. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan tulisan nonfiksi, kamu dapat mengabadikannya lewat sebuah buku ataupun menawarkan diri sebagai writer freelancer mengirimkan karya yang dibuat ke website-website yang membayar tulisan non fiksi.

Kesempatan emas ini juga berlaku untuk penyuka fiksi karena sekarang sudah banyak website-website yang memberikan fee atau bayaran kepada kontributor di website bersangkutan. Hobi yang dibayar itu asyik sekali, bukan?

2. Membaca

Foto : Min An/pexels.com

Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa membaca dapat menstimulasi otak sehingga menurunkan tingkat risiko terkena penyakit Alzheimer dan Demensia, memperkuat kemampuan menganalisis, serta sebagai sarana mengurangi stres. Selain itu, kegiatan membaca tentunya akan membuka wawasan lebih luas terhadap dunia.

Sama seperti menulis, membaca juga dapat dilakukan saat kamu rebahan. Pilihlah waktu dan tempat yang kamu suka. Selain buku, kamu pun bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan searching dan menikmati bacaan-bacaan yang tersedia. Tambahkan camilan kesukaan agar kegiatan membacamu menjadi lebih enjoy dan menyenangkan.

Namun, yang perlu diingat adalah kamu sebaiknya tidak membiasakan diri membaca sambil tiduran, sebab itu akan memengaruhi kesehatan matamu.

3. Belajar Bahasa Asing

Foto: pexels.com

 

Daripada mengabiskan waktu berjam-jam bermain di media sosial tanpa alasan yang jelas, akan lebih berfaedah apabila kamu menyibukkan diri dengan mempelajari bahasa asing. Caranya juga mudah sekali, kamu hanya perlu memilih bahasa yang ingin dipelajari dengan mengikuti kelas-kelas online yang diadakan. Baik secara gratis ataupun berbayar.

Jika kamu telah menguasai banyak bahasa di dunia, kamu dapat memanfaatkannya untuk menambah penghasilan, lo. Salah satu profesi yang bisa kamu tekuni yakni content writer untuk media-media berbahasa asing ataupun menjadi penerjemah buku.

4. Perawatan Tubuh

Foto: kerdkanno/pixabay.com

Menjadi cantik dan sehat tidak harus pergi ke salon dan SPA. Karena nyatanya, merawat tubuh tetap dapat dilakukan di rumah. Di samping menghemat pengeluaran, jadwalnya juga dapat kamu diatur dengan bebas. Jadi, dapat menjadi caramu mencintai diri sendiri. Adapun jenis perawatan bisa dengan memakai masker di wajah sembari mendengarkan musik favorit, mempermak kuku-kuku dengan warna-warna yang indah, ataupun melakukan body scrub secara rutin.

Keempat kegiatan di atas tidak akan berakhir manis jika tanpa diiringi niat dan tekad yang kuat serta sikap konsisten. Jadi, tunggu apalagi! Jadikan masa rebahan kamu sebagai kegiatan yang bermanfaat, produktif dan tentunya menghasilkan uang.