Hai, Takaiters!

Tanaman buah pisang tumbuh subur di Indonesia dan pisang merupakan buah yang tidak mengenal musim.

Tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae ini, nama umumnya adalah pisang.

Berbagai jenis pisang yang ada di Indonesia, dia ntaranya pisang ambon, pisang raja, pisang kepok, pisang tanduk, pisang nangka, dan lain sebagainya.

Buah pisang memiliki kandungan gizi yang sangat banyak, terdiri dari vitamin, mineral, karbohidrat, serat, protein, dan kalium yang sangat berguna untuk kesehatan kita.

Guys, selain pisang bisa dimakan secara langsung. Buah ini bisa dibuat beraneka camilan yang membuat lidah bergoyang. Yuk, kita cari tahu apa saja camilannya.

1. Pisang Nugget

Foto: cookpad.com

Camilan ini merupakan kuliner yang sedang hits sekarang ini di kota Bandung. Biasanya kita mengenal nugget yang terbuat dari daging ayam dan daging sapi.

Nugget berbahan dasar pisang ini wajib kamu coba karena mempunyai rasa yang sangat enak, cara membuatnya pun mudah sekali.

Pisang matang yang dilumatkan dicampur dengan tepung terigu, susu bubuk, telur, gula pasir sampai kalis. Kukus hingga matang dan dinginkan. Setelah dingin, potong-potong dan masukan kedalam adonan balutan yang terdiri dari tepung terigu, gula pasir, dan air yang diencerkan. Satu per satu, gulingkan ke tepung panir, goreng hingga kecokelatan. Pisang nugget siap dinikmati.

2. Pisang Keju

Foto: cookpad.com

Makanan yang satu ini enggak kalah enak dari pisang nugget. Pisang kepok yang digoreng dengan menggunakan adonan tepung terigu, mentega, gula pasir, dan air. Aduk adonan tersebut sampai merata, masukan pisang yang telah dipotong memanjang kedalam adonan, goreng hingga kecokelatan. Setelah dingin taburi parutan keju, sajikan selagi hangat.

3. Es Pisang Ijo

Foto: medium.com

Kuliner yang satu ini berasal dari kota Makassar, Sulawesi Selatan. Biasanya sering disajikan ketika bulan Ramadan tiba untuk menu buka puasa. Tapi es pisang ijo ini sekarang bukan hanya disajikan untuk bulan Ramadan saja.

Es pisang ijo menggunakan pisang sebagai bahan utamanya yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau yang dipadukan dengan bubur sumsum yang lembut, es batu yang diserut, dan sirup yang berwarna merah. Sangat cocok dinikmati siang hari, ditengah udara panas.

4. Keripik Pisang

Foto: tokomesin.com

Pisang pun bisa diolah menjadi camilan yang gurih dan kriuk-kriuk,yaitu keripik pisang.

Cara membuatnya pun sangat mudah, pisang diiris tipis, goreng hingga kecokelatan.
Keripik pisang bisa dinikmati sambil nonton TV saat kumpul bersama keluarga.

Nah, Guys. Itulah beberapa camilan yang berbahan utama pisang. Dijamin bikin kamu ketagihan untuk menikmatinya kembali.