Halo, Takaiters!

Kotagede salah satu kecamatan yang ada di Kota Yogyakarta, banyak menyajikan keunikan-keunikan termasuk wisata kulinernya. Salah satu kuliner unik Kotagede adalah kipo. Kipo adalah jajanan pasar asli Kotagede, Yogyakarta. Bentuknya seperti pastel namun mempunyai ukuran kecil. Jajanan unik ini berbahan dasar tepung ketan, berwarna hijau, dan berisi unti kelapa gula jawa.
Tahukah Takaiters, mengapa kipo disebut jajanan unik? Ini dia 4 faktanya!

1. Asal Usul Nama Kipo

Foto: sobatjogja.com

Jajanan pasar ini diciptakan oleh seorang ibu rumah tangga yang bernama Ibu Cipto, sekitar tahun 1946. Ibu Cipto membuat kipo hanya sekadar variasi jajanan dari tepung ketan. Jajanan pasar buatannya ini dibawa ke pasar Kotagede untuk ditawarkan.

Awalnya, jajanan pasar ini belum mempunyai nama. Asal usul nama kipo bermula saat jajanan pasar ini dijajakan. Calon pembeli bertanya,  “iki opo, iki opo?” dari pertanyaan tersebut lahirlah nama Ki Po dari kata iki opo (ini apa). Nah, awal dari ciptaan Ibu Cipto inilah, sekarang Kipo menjadi ikon khas Kotagede. Kipo pun mulai merambah hotel-hotel dan restoran terkenal di Yogyakarta. Selain itu, kipo menjadi salah satu jajanan pasar yang paling dicari oleh para turis.

2. Bukan Kue Pabrikan

Foto: yukepo.com

Kipo dibuat dalam skala kecil, skala industri rumah tangga. Bahan dasar dan cara pembuatannya yang unik membuat kipo tidak bisa dibuat di pabrik. Bahan dasar untuk membuat kipo adalah tepung ketan dan kelapa parut yang dimasak dengan gula jawa sebagai isiannya, atau biasa disebut unti.

Cara membuat kipo unik. Adonan tepung ketan diberi santan dan pewarna dari daun suji dan daun pandan. Adonan dibuat tipis-tipis, diisi unti kelapa. Adonan ditangkupkan seperti pastel kemudian dipanggang di wajan gerabah yang dialasi daun pisang.

Proses pemanggangnya menggunakan gerabah tanah liat sehingga menghasilkan kipo yang sedikit hitam gosong-gosong. Nah, proses inilah yang tidak bisa digantikan dengan oven, hal tersebut yang menjadikan kipo menjadi makanan yang unik.

3. Tidak Bisa Ditemukan di Setiap Sudut Kotagede

Foto: merahputih.com

Kipo hanya terdapat di Kotagede. Namun walaupun begitu, kamu tidak bisa menemukan kipo di setiap sudut Kotagede. Kamu hanya bisa menemukan kipo di toko jajanan pasar di pinggir jalan  sekaligus tempat produksinya. Kamu bisa melihat pembuatan kipo secara langsung di pasar ini.

Nah, Guys, jalan-jalan ke Kotagede amat disayangkan jika kamu tidak menyusuri lorong-lorong gang kota ini.  Sambil menikmati kipo, kamu akan disuguhkan pemandangan bangunan-bangunan lama yang eksotik. Selain itu, penduduk di sini sangat ramah.

4.  Tidak Bisa Dijadikan Oleh-Oleh

Foto: wonderfulisland.id

Kipo termasuk jajanan yang tidak bisa bertahan lama. Jajanan ini tidak menggunakan bahan-bahan kimia baik pewarna maupun pengawet. Kipo dibuat secara tradisional dengan bahan asli. Jadi, itulah, Guys, mengapa kipo tidak bisa dibawa sebagai oleh-oleh.

Nah, itulah 4 fakta tentang jajanan unik Kotagede, kipo, Guys. Penasaran? Yuk, ke Kotagede dan nikmati kipo sambil menyusuri lorong-lorong Kotagede yang menyenangkan!