Hai, Takaiters!

Baju bodo sudah sangat dikenal oleh banyak orang. Baju tradisional untuk kaum wanita dari daerah Sulawesi Selatan sangat menarik dan simple dalam pemakaiannya. Dan baju bodo mempunyai arti baju pendek. Pemakaian baju ini dipasangkan dengan sarung sutra yaitu sarung Bugis.

Konon baju bodo termasuk salah satu baju tertua di dunia. Seperti yang dikatakan oleh perancang busana kenamaan Oscar Lawalata dalam Festival Busana Nusantara di Kuta Bali tahun 2007, “Baju bodo adalah salah satu baju tertua di dunia dan dunia internasional belum mengetahui.” Ujarnya.

Berikut lima fakta baju bodo sebagai salah satu baju tertua, Takaiters!

1. Kain

Fakta baju bodo zaman dulu
Foto: lagaligopos.com

Pada zaman dahulu kala baju bodo terbuat dari kain muslin (kain kasa). Kain ini sangat tipis dan jarak benang-benangnya renggang sehingga cocok digunakan di daerah tropis. Masyarakat Sulawesi Selatan telah membuat atau memintal kain ini sejak pertengahan abad 9. Sedangkan masyarakat Eropa mengenal kain ini pada pertengahan abad ke-17 dan populer di Perancis pada abad ke-18.

Hal ini bersumber dari buku Marcopolo yang berjudul “The Travel of Marcopolo” tahun 1298. Dalam bukunya Marcopolo mengatakan kain muslin dibuat di Mosul (Irak) dan diperdagangkan oleh pedagang yang disebut Musolini.

2. Model baju bodo

Fakta baju bodo makassar
Foto: palontaraq.id

Baju bodo yang berarti baju pendek mempunyai model yang simple dan mudah dipakai. Pada zaman dahulu bentuk baju ini hanya persegi diberi lubang tengah untuk memasukkan kepala dan lubang kiri-kanan untuk memasukkan tangan. Berdasarkan model yang simple tersebut maka baju bodo termasuk baju tertua.

3. Pemakai baju bodo berdasarkan warna

Fakta baju bodo sulawesi
Foto: Panritanews

Pada Zaman dahulu pemakai baju bodberdasarkan warna. Warna baju bodo tersebut dapat memberi isyarat status dan usia dari pemakainya. Berikut warna-warna baju bodi tersebut:
• Warna hijau untuk putri bangsawan
• Warna merah darah untuk gadis, remaja
• Warna merah tua untuk wanita telah menikah
• Warna ungu untuk janda
• Warna hitam untuk wanita usia lanjut
• Warna putih untuk inang pengasuh
Namun pada saat ini penggunaan warna sudah tidak berlaku lagi. Semuanya disesuaikan dengan situasi dan kondisinya.

4. Pelengkap baju bodo

Foto: PriceArea

Memakai baju bodo juga dilengkapi dengan aksesori. Jika untuk pengantin aksesori sangat lengkap yaitu, bando, kalung panjang, kalung susun, sepasang anting-anting panjang, gelang lebar, gelang keroncong, ikat pinggan emas dengan pending penuh perhiasan.
Tetapi jika baju bodo tidak untuk pengantin maka perhiasan yang digunakan hanya seadanya saja.

Baju bodo merupakan salah satu baju tertua. Berkembangnya zaman dan masuknya agama Islam maka kain pembuatannya diganti menjadi lebih tebal agar aurat pemakai tidak nampak. Walaupun kainnya telah disesuaikan, baju bodo memiliki kharismanya tersendiri sehingga tetap disukai hingga saat ini.

Nah, inilah fakta baju bodo, Takaiters!