Hai, Takaiters!

Liburan akhir tahun memang tidak lengkap rasanya jika tidak berwisata ke suatu tempat. Selain sebagai sarana penghilang penat setelah satu tahun melakukan rutinitas yang tidak henti-henti, berkunjung ke suatu tempat juga dapat kian merekatkan kedekatan antar anggota keluarga.

Banyak pilihan tempat wisata yang bisa Takaiters kunjungi, mulai dari pantai, museum, hingga cagar budaya. Namun jika telah sering berkunjung ke tempat tersebut, Takaiters bisa mencoba berkunjung ke desa wisata yang tersebar di beberapa daerah di Indonesia.

Desa wisata juga merupakan destinasi yang paling tepat dikunjungi terlebih bagi Takaiters yang mencari ketenangan, udara segar, serta ingin melihat ragam budaya baru yang ada di masyarakat. Desa wisata saja kiranya?

Berikut Takaitu.id telah merangkum 4 desa wisata yang bisa Takaiters kunjungi saat liburan akhir tahun 2020 ini dari berbagai sumber.

1. Desa Wae Rebo, Flores

desa wisata
Sumber: Akurat.co

Desa Wae Rebo berada di barat daya kota Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Lokasinya sendiri terletak di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut sehingga Takaiters akan merasa sedang berada di atas awan.

Di desa ini, selain dapat menikmati pemandangan pegunungan yang begitu indah dan asri, Takaiters juga dapat melihat 7 rumah adat berbentuk kerucut yang hanya

Karena berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan air laut, maka diperlukan tenaga ekstra untuk mencapainya. Biasanya, dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam perjalanan untuk mencapainya tergantung dari fisik Takaiters.

2. Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakarta

desa wisata pujon kidul
Foto: bisniswisata.co.id

Di desa ini, Takaiters akan menikmati sejuknya udara dan rindangnya pepohonan. Selain itu, kontur jalanya yang menanjak dan berbelok saat akan mencapainya, akan menambah kesan tersendiri pada Takaiters.

Lebih lanjut, di Nglanggeran juga terdapat Gunung Api purba yang bisa dijelajahi dan hanya membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit untuk mencapai puncaknya. Tidak berhenti disitu, di tempat ini pula Takaiters dapat menyambangi sebuah bukit kecil yang lucu di daerah Nglanggeran yang diubah menjadi salah satu kolam paling memikat bernama Embung Nglanggeran (Kolam Nglanggeran).

Jika Takaiters akan menyambanginya, lebih tepat pada waktu ketika matahari terbit. Pemandangan yang indah dari matahari yang menguning akan perlahan menyelimuti kolam dan bukit-bukit sekitarnya sehingga akan benar-benar indah.

3. Desa Pojun Kidul, Malang

desa wisata adalah pdf
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Desa wisata Pojun Kidul memberi keindahan yang berbeda pada Takaiters. Bagaimana tidak, perpaduan Gunung dan sawah yang melekat padanya akan benar-benar memanjakan mata. Selain itu, daya Tarik Agrobisnis yang tengah mengembang juga akan membuat Takaiters betah lama-lama di tempat ini.

4. Desa Ponggok, Klaten

desa wisata alam
Foto: unknown

Suka berfoto dengan latar belakng dan objek penyerta yang estetik? Desa Ponggok tujuan paling tepatnya. Di desa ini, Takaiters dapat berfoto di dalam kolam alami dengan ragam property yang telah di sediakan sebelumnya. Ikan-ikan berwarna warni yang ada pada kolam tersebut juga menjadi nilai tambah yang akan membuat foto Takaiters kian cantik dan ciamik.

Itulah 4 desa wisata yang bisa Takaiters kunjungi saat liburan tahun baru kali ini. Dan jangan lupa,  saat menyambanginya, Takaiters harus selalu menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker dan rajin mencuci tangan agar dapat menekan penyebaran virus korona.