Hai, Takaiters!

Era digital yang terus mengalami perkembangan seakan berhasil merangkul semua kehidupan manusia. Dengan kecanggihan teknologi yang terus dikembangkan, manusia bisa melakukan hampir segala hal secara cepat, mudah dan instan. Rasanya hampir tidak ada sekat antara manusia dan digital di era modern ini.

Sebuah era yang sebenarnya dengan sadar maupun tidak mengikis sifat asli dari manusia yaitu bersosialisasi. Seakan melupakan hakikatnya yang membutuhkan orang lain bahkan alam semesta. Itulah kenapa sangat penting untuk memulai hidup digital minimalism.

Mulai memahami bahwa hidup berdampingan secara berlebihan dengan digital juga membawa dampat buruk baik kesehatan fisik maupun mental. Lalu bagaimana cara menerapkan digital minimalism? Berikut penjelasannya.

1. Hapus Aplikasi yang Sekiranya Tidak Penting

Tips menerapkan digital minimalism
Foto: onboard.thalesgroup.com

Langkah awal yang bisa dilakukan tentu saja memulai dari merelakan segala bentuk aplikasi yang tidak penting.  Gadget merupakan suatu benda yang sekarang menjadi kebutuhan manusia.

Dimana hampir setiap saat seseorang yang sudah terlanjur kecanduan gadget akan sulit untuk barang sejenak saja melepaskan.

Sebab itulah mulai membatasi diri bermain gadged adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Untuk awal permulaan dengan memulai menghapus beberapa aplikasi yang sekitaranya tidak begitu penting. Aplikasi yang tidak begitu penting disini adalah aplikasi yang sekiranya hanya memberikan dampak negatif bagi kehidupan kita.

2. Batasi Pertemanan Media Sosial

menerapkan digital minimalism untuk hidup sederhana
Foto: ecampusnews.com

Perbanyak teman dan bertemanlah dengan siapa saja.   kalimat satu ini sering kali menjadi salah satu kalimat pengingat supaya tidak membeda-bedakan dalam berteman. Namun pada era digital yang memungkinkan semua orang menggunakan media sosial tanpa ada batasan, rasanya  mulai membedakan dan membatasi lingkup pertemanan juga penting.

Media sosial yang  memungkinkan semua informasi secara global terserap dan tidak ada kurasi  ternyata membawa berbagai dampak buruk. Mulai dari berita yang entah benar atau tidak, banyaknya akun-akun yang bergaya hedon, akun haters atau lainnya.  Dimana pada kenyataannya akun-akun seperti ini bisa  menjadi salah satu penguruh negatif bagi hidup kita.

Karena itulah pembatasan yang kita berikan pada diri sendiri sangat penting. Dengan mengurangi semua akun yang memberikan dampak negatif berarti sama saja dengan langkah awal dalam menerapkan digital minimalsm.

3. Tinggalkan Gadget Sejenak

Cara menerapkan digital minimalism
Foto: lifehack.org

Mulai  letakkan gadget anda dan tinggalkan bila memang sudah tidak ada pekerjaan atau kepentingan yang harus dilakukan dengan gadget.  Mungkin akan terasa sulit saat awal dilakukan namun cobalah lakukan hobi atau kegiatan lain. Misalkan saja membaca buku, berdiskusi dengan teman atau keluarga, jalan-jalan atau kegiatan lain yang memungkinkan.

Hal ini sedikit banyak akan menyadarkan kita bahwa sebenarnya banyak kegiatan menyenangkan yang kita lewatkan sebelumnya karena gadget.

4.  Luangkan Waktu Untuk Keluarga

menerapkan digital minimalsm demi keluarga
Foto: motherandbaby.co.id

Tanpa sadar ataupun tidak ternyata banyak orang yang akhirnya lebih sering mengabaikan keberadaan orang-orang disekitar termasuk keluarga karena gadget. Hal terjadi karena seseorang akan cenderung lebih serius memperhatikan kegiatan mereka di dunia maya daripada dikehidupan nyata.

Karena itulah penting untuk kita mulai  belajar fokus dalam melakukan suatu hal. Misalnya, saat sedang berkumpul bersama keluarga maka luangkan waktu sepenuhnya untuk keluarga jangan hiraukan  gadget anda kecuali bila ada kepentingan.

Mulai menerapkan digital minimalism adalah sebuah gerakan untuk memperbaiki  kesehatan mental di era digital sekarang ini. Dengan sadar mengurangi penggunaan  kecanggihan digital termasuk gadet bisa membantu diri kita sendiri terhindar dari berbagai pengaruh negatif dunia informatif ini.

Jadi siapkah kamu melakukan digital minimalism, Takaiters?