Hai, Takaiters!

Me Time tidak hanya bisa diisi dengan menonton, rebahan, membaca novel atau bahkan pergi berbelanja. Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat me time adalah intropeksi diri. Intropeksi diri sebenarnya juga penting dilakukan secara berkala, atau bisa juga lakukan dikala memiliki waktu luang.

Tapi apa sih sebenarnya intropeksi diri dan bagaimana cara melakukan introspeksi diri, Takaiters?

Memahami Arti Introspeksi Diri

Introspeksi diri dapat diartikan sebagai suatu usaha seseorang dalam merefleksi dirinya sendiri atas apa yang telah dilakukan sebelumnya baik positif maupun negatif.

Namun pemahaman ini bukan berarti kegiatan yang untuk mengungkit dan menyesali kejadian di masa lalu. Intropeksi diri cukup dilakukan untuk melihat apa yang salah pada perilaku kita sebelumnya untuk kemudian dijadikan pelajaran dan diperbaiki di masa sekarang dan masa akan datang.

Selain refleksi diri, introspeksi diri sebenarnya juga memiliki tipe lain yang lebih mengarah ke negative vibes, yakni seseorang yang cenderung melakukan ruminasi diri. Ruminasi diri merupakan suatu jenis introspeksi yang membuat seseorang cenderung menyalahkan dirinya sendiri atas kesalahan dan kegagalan di masa lalu.

Hal seperti ini sudah seharusnya dihindari, karena akan berdampak buruk pada kehidupan pribadi dan sekitar.

Manfaat Introspeksi Diri

Seseorang yang mampu secara sadar mampu melakukan introspeksi diri cenderung akan menjadi seseorang yang lebih produktif. Hal ini dipicu karena adanya semangat untuk terus berkembang dan memperbaiki kesalahan dan kegagalan di masa lalu.

Manfaat lain dari introspeksi diri adalah dapat memahami kekurangan dan kelebihan yang kita miliki serta memiliki rasa empati tinggi terhadap orang lain.

Selain itu dengan melakukan introspeksi diri juga bisa mengurangi rasa cemas berlebih yang tentu membuat pikiran dapat bekerja secara efisien serta memunculkan perasaan bahagia.

Introspeksi Diri Dengan Lakukan Ini

Melakukan introspeksi diri bukanlah hal yang mudah. Ada proses yang harus dilalui dengan sabar dan penuh kesadaran. Namun bukan berarti introspeksi diri tidak bisa dilakukan semua orang. Mulai lakukan introspeksi diri dengan refleksi diri seperti berikut ini :

1. Jangan Menjadi Egois

cara melakukan introspeksi diri
Foto: br.freepik.com

Egois merupakan salah satu sifat manusia yang sulit dihindari. Sifat satu ini juga seringkali membuat seseorang mengalami masalah dalam hidupnya. Begitu juga dalam melakukan introspeksi diri, tentu saja keegoisan juga bisa jadi penghalang.

Menurunkan sedikit ego untuk memahami diri dan menghilangkan segala pikiran negatif pada diri sendiri adalah kuncinya.

Bersikap optimis tidak masalah namun jangan jadi egois pada diri sendiri dan lingkungan sekitar. Tetap sadari dimana letak salah yang kita lakukan sebelumnya, turunkan ego untuk selanjutnya memperbaiki diri di masa selanjutnya.

2. Mau Mengakui kesalahan

cara melakukan introspeksi diri adalah
Foto: lifestyle.bisnis.com

Meminta maaf adalah suatu hal yang tidak dengan mudah bisa dilakukan semua orang. Merasa dirinya paling benar dan rasa malu mengakui kesalahan adalah beberapa alasan kata ‘maaf’ sulit terucap. Sedangkan salah satu cara melakukan introspeksi diri adalah mau mengakui kesalahan.

Mengakui kesalahan berarti mau memahami kekurangan dalam diri kita dan mau berusaha memperbaikinya. Coba tulis kembali apa yang salah atas perilaku kita kepada orang lain atau pada diri sendiri. Selanjutnya coba tanyakan pada diri sendiri kenapa kita harus melakukannya.

Rasa lega akan bertambah setelah kita bisa memahami letak kesalahan yang telah diperbuat dan maju mengucapkan ‘maaf’ pada diri sendiri dan juga orang lain yang telah dilukai.

3. Menghargai Suatu Proses

bagaimana cara melakukan introspeksi diri
Foto: blog.pinjammodal.id

Keberhasilan bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan secara instan. Semuanya akan ada proses mudah maupun sulit di belakangnya. Proses inilah yang mulai harus dihargai kerja kerasnya.

Jangan salahkan diri sendiri bila hasil yang kita dapatkan tidak sesuai ekspektasi. Coba lihat lagi proses seperti apa yang salah saat kita melakukannya dan mulai perbaiki kesalahan dibaliknya.

Hal ini adalah salah satu cara melakukan introspeksi diri. Karena dengan menghargai suatu proses, maka seseorang akan tahu dimana letak kesalahannya dan mau memperbaiki untuk kedepannya.

4. Jangan Tutup Telinga Dari Kritik Yang Datang

Foto: david-pranata.com

Kritik yang datang bisa menjadi sumber terbukanya pikiran seseorang, karena itu coba buka diri dan terima kritik positif yang datang menghampiri. Jangan menjadi keras kepala dengan merasa dirinya paling benar. Pahami kritik yang diberikan orang lain dan perbaiki apa kesalahan kita supaya tidak terulang kembali.

ingat, ambil kritik yang sekiranya bersifat membangun dan mengingatkan kita atas kesalahan yang kita perbuat. Jangan jadikan kritikan menjadi alasan kita untuk menyalahkan diri sendiri yang menyebabkan kita merasa terpuruk.

Memahami arti dari introspeksi diri secara sederhana tentunya adalah sesuatu yang penting dilakukan semua orang. Begitu juga memahami bagaimana cara melakukan introspeksi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Semuanya tentu butuh proses begitu juga dalam melakukan introspeksi diri, haruslah dilakukan dengan proses tenang untuk memahami diri sendiri dan mengerti yang harus diperbaiki.