Hai, Takaiters!

Kamu pecinta bahasa asing dan merasa bahwa pengucapan bahasa asing yang kamu minati tak semerdu Native Speaker (pembicara aslinya)? Itu lumrah sekali, Guys! Semua yang mempelajari bahasa asing mengalami masalah serupa, baik itu mereka yang belajar bahasa Inggris, Jepang, Arab, dan lainnya.

Namun, kabar baiknya kamu masih punya kesempatan untuk memiliki pengucapan yang serupa dengan pembicara aslinya. Asalkan memiliki ikhtiar yang sungguh-sungguh. Nah, ada beberapa tips yang bisa kamu coba, Takaiters. Yuk, simak ulasannya.

1. Pilih Audio yang dilengkapi Text dari Native Speaker Bahasa Asing yang diminati

Photo: ahzaa.net

Pertama, tentu saja dengan mendengarkan audio dari native speaker bahasa asing yang diminati lengkap dengan textnya. Ini bertujuan agar kamu bisa berlatih pengucapan kalimat dalam bahasa asing tersebut. Dengarkanlah secara seksama berulang-ulang. Bila ada perbendaharaan kata yang baru dalam audio tersebut, jangan ragu untuk membaca textnya, ya.

Pastikan kamu merasa yakin bisa mengucapkan semua kalimat dalam audio tersebut, ya.

2. Rekam Suaramu dengan Smartphone

Foto: coolthings.com

Setelah mendengar audio dirasa cukup. Sekarang waktunya, kamu coba membaca isi audio tersebut dan merekamnya dengan smartphone. Lalu, putar hasil rekaman tersebut!

Tak perlu malu mendengar suaramu sendiri. Toh, semua orang yang belajar pasti mengalami hal serupa. Bahwa kalimat yang diucapkan jauh dari kata sempurna bila dibandingkan pembicara aslinya. Ini wajar sekali. Segala sesuatu itu butuh proses untuk menuju kesempurnaan.

3. Bandingkan Hasil Rekamanmu dengan Audio

Foto: statnews.com

Setelah direkam, kamu tentu ingin mengetahui apakah pengucapan kalimat tersebut telah benar atau tidak. Nah, sekarang saatnya pertanyaanmu akan terjawab. Caranya gampang banget, cobalah putar hasil rekamanmu dan bandingkan dengan audio aslinya.

Dengarkan secara perlahan dan saksama ya, Guys! Ketika kamu merasa ada pengucapanmu yang berbeda. Disitulah kamu harus fokus di mana letak kesalahannya. Latihlah secara berkala, sampai pengucapanmu sama seperti audio.

Ini cara belajar yang mandiri dan efektif untuk kamu yang ingin pengucapan bahasa asingmu sebaik pembicara aslinya. Meski tanpa guru, bukan berarti tak ada yang mengoreksinya, ya. Perbandingan hasil rekaman dan audio bisa menyimpulkan hasil yang signifikan, Guys!

Demikian tips sederhana yang bisa dicoba agar pengucapan bahasa asingmu sebaik native speaker. Selamat mencoba!