Hai, Takaiters!

Semua paham, ya, kalau percaya diri itu penting banget buat setiap individu. Karena sebanyak apa pun ilmu dan kelebihan yang kamu miliki tanpa percaya diri, ya, sama saja dengan nol besar.

Misal, nih, kamu pintar banget melukis. Namun, kamu selalu enggak percaya diri mempublikasikan kemampuanmu dalam melukis. Kamu selalu beranggapan bahwa lukisanmu biasa saja, tak ada yang istimewa dibanding dengan pelukis seantero jagat raya. Kalau seperti  itu kapan majunya, Guys?

Padahal, bisa jadi lukisanmu memiliki nilai plus buat orang lain dan bisa jadi kamu adalah mutiara terpendam yang selama ini dibutuhkan dalam seni lukis negeri ini. Sayang banget kan kalau begitu?

Nah, berbicara tentang percaya diri, berikut ada tips yang bisa banget kamu terapkan agar percaya dirimu semakin bertambah. Yuk, dibaca!

1. Milikilah Gambar Diri yang Positif

Foto: pexels.com

Ada quote yang berbunyi, “You are what you think”. Artinya, kamu adalah apa yang kamu pikirkan. Nah, saat kamu berpikiran negatif tentang dirimu, hal negatiflah yang terpancar dari gerak- gerikmu.

Contoh, saat kamu merasa dirimu bukan siapa-siapa. Merasa bahwa tak ada yang istimewa dalam dirimu, sejalan dengan pikiranmu, perbuatanmu akan mengarah ke sana. Akhirnya, hilanglah percaya diri tadi, Takaiters!

Begitupun sebaliknya. Artinya, mindset itu sangat penting. Oleh karena itu, selalu dilatih agar kamu memiliki mindset yang positif tentang dirimu.

Alihkan pikiran ke hal-hal positif,  Penuhi sebanyak mungkin nilai baik dan positip dalam dirimu. Percaya deh, kamu akan langsung merasa betapa berharganya diri kamu, Takaiters.

2. Kenali Alasan yang Membuat Kamu Enggak Percaya Diri

Foto : Scout.id

Alasan orang enggak percaya diri banyak, ya, Takaiters. Contohnya, enggak percaya diri karena merasa enggak bisa seperti A, enggak bisa berbahasa Inggris, enggak bisa berbicara di depan umum atau  merasa enggak menarik.

Nah, semua itu adalah masalah yang membutuhkan solusi. Oleh karena itu, cepatlah bergerak, cari solusinya, Guys!

Misal, kalau kamu merasa enggak bisa seperti A, hal tersebut wajar karena kamu bukan dia. Ingat, tiap-tiap kita itu unik. Yakin sama diri kamu bahwa kamu memiliki nilai lebih yang mungkin tidak dimiliki si A.  Hanya saja kamu belum menyadarinya. Ayo, segera berburu harta karun dalam dirimu, Takaiters.

Kalau kamu enggak bisa berbahasa Inggris, ayo belajar! Di era digital saat ini, banyak banget media yang bisa kamu gunakan. Tinggal pilih mana yang paling sesuai buatmu.

Kalau kamu enggak bisa berbicara di depan umum, coba ikutan kursus public speaking atau bisa belajar mandiri dengan membaca tips-tips bagaimana agar percaya diri berbicara di depan umum yang bisa kamu akses di Google atau YouTube.

Kalau kamu merasa enggak menarik, cobalah cari sisi positif yang kamu miliki.  Jangan mengeluhkan soal fisik karena itu sesuatu yang sudah ditetapkan Allah. Kamu adalah manusia sebaik-baiknya ciptaan-Nya. Jadi, bersukurlah.

3. Berdoa

Foto: hot.liputan6.com

Setelah berupaya sebagai bentuk ikhtiar akhirnya jangan lupakan doa. Karena doa adalah senjata seorang mukmin. Berikhtiar tanpa diiringi doa hasilnya juga sia-sia, Guys!

Nah, demikian tips sederhana agar kamu bisa lebih percaya diri, Guys. Bagaimana, kamu sudah siap?