Hai, Takaiters!

Bengkulu merupakan salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia. Kamu yang ngakunya penikmat atau pecinta kopi, kalau berkunjung ke Bengkulu mesti coba kopi Bengkulu ini. Dijamin kamu akan suka!

Di kota Bengkulu, sebenarnya ada beberapa kedai kopi yang akan bikin kamu betah. Tapi kali ini kita tidak sedang membahas kopi Bengkulu yang nikmat saja, ya, Guys. Tapi nikmat sekaligus unik. Penasaran, kan? Yuk, kita intip!

1. Kopi Sle

Foto: deskgram.net

Berawal dari keinginan melestarikan kearifan lokal Bengkulu, pemilik sekaligus barista Kopi Sle meracik kopi ini. Kopi Sle merupakan kopi robusta dari Bengkulu yang disajikan dengan rempah-rempah, seperti kapulaga, jeruk purut, cengkeh, dan kayu manis. Rasanya segar dan unik, Guys. Kamu akan mendapatkan rasa yang  berbeda saat kopi diminum panas, hangat, atau dingin. Rasa berbeda juga akan kamu temukan saat menggigit kulit jeruk purut atau menghirup air kopi dengan kayu manis. Hmmm, mantap, deh! Bahkan, kopi ini disinyalir mampu menghilangkan lelah.

Nah, penasaran, kan? Buat kamu  yang tertarik dengan rasa kopi ini bisa kunjungi kedainya yang berada di tepi Pantai Panjang, di depan Bengcoolen Mall. Jadi, sambil minum kopi, kamu juga bisa ngobrol santai dan memandang ombak sekaligus menikmati semilir angin laut. Untuk kamu yang mau menjadikan Kopi Sle sebagai oleh-oleh, kopi ini juga tersedia dalam bentuk kemasan, lo! Puas, kan?

2. Kopi Konakito

Foto: gerbangbengkulu.com

Kopi Konakito adalah kopi asli Bengkulu yang berasal dari perkebunan daerah Kepahiang. Kopi ini merupakan kopi yang masuk 15 besar atau masuk semifinal Kontes Kopi Spesialty Indonesia (KKSI) yang digelar Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia (AEKI) dan Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (PPKKI) di Jakarta. Harganya bervariasi tergantung varian yang kamu pilih. Selain itu, tampilannya  juga unik, Guys. Beberapa varian dihias motif bunga sehingga membuat kamu jatuh cinta pada pandangan pertama.

Selain nikmat, berkunjung di kedai kopi ini kamu bisa duduk santai sambil mendengarkan musik atau memanjakan mata dengan keasrian dan hijaunya tanaman. Suasananya asyik untuk rapat, diskusi atau sekadar santai. Kamu tertarik? Kunjungi kedainya di Tapak Paderi, tak jauh dari destinasi wisata peninggalan Inggris, Benteng Marlborough.

3. Neron Coffe

Foto: bengkulu.antaranews.com

Kamu mau kopi gratis di Minggu pagi sambil jalan-jalan di sepanjang Danau Dendam Tak Sudah? Mari berkunjung ke Neron Coffe. Selain hari Minggu pagi, kopi ini berbayar, ya, Guys!

Kata “neron” diambil dari bahasa Lembak, salah satu bahasa di Bengkulu yang berarti “kopi”. Lalu apa, sih, yang membuat Neron Coffe unik? Nah, di sini kamu bisa menyeduh kopi sendiri, Guys. Kamu bisa mengatur sendiri kekentalan air atau rasa manis-pahit kopi.

Selain itu, di Neron Coffe alat peracik kopi hingga gelas sajian terbuat dari tempurung kelapa, lo. Dalam bahasa Bengkulu disebut “sayak”. Wow, kebayang enggak, sih, gimana bentuknya? Pemilik kedai memang sengaja menyiapkan alat-alat berbau tradisional ini untuk menjaga kearifan lokal Bengkulu, Guys. Benar-benar kreatif, nih, yang punya kedai kopi, ya? Kamu penasaran? Yuk, ah, datang kemari! Letaknya persis di depan danau legendaris Kota Bengkulu, Danau Dendam Tak Sudah.

Nah, itu dia tiga sajian kopi nikmat dan unik yang ada di Kota Bengkulu. Kalau kamu datang ke sini, jangan lupa berkunjung kemari, ya!  Dan siap-siap rasakan sensasinya!