Hai, Takaiters!

Memasuki awal tahun, biasanya anak-anak SMA yang akan melanjutkan perkuliahan disibukkan dengan berbagai macam ujian. Ujian yang datang bertubi-tubi merupakan persiapan untuk mengahadapi ujian pokok, yaitu ujian sekolah dan ujian nasional.

Namun, semenjak pandemi mewabah di Indonesia, ujian nasional dihapuskan. Akibatnya, anak SMA yang seharusnya lulus di tahun 2020 hanya merasakan sensasi ujian sekolah, tidak tahu rasanya ujian nasional. Dan, mereka beruntung karena masih berkesempatan untuk mengikuti UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer)-ujian syarat untuk mengikuti seleksi SBMPTN.

Sedangkan di tahun 2021 ini, kelulusan ditentukan oleh nilai rapor masing-masing siswa, tapi untuk ujian masuk perguruan tinggi, tetap harus mengikuti UTBK. Biasanya persiapan UTBK ini dilakukan dengan mengikuti les atau bimbel.

Lagi- lagi karena pandemi, semuanya menjadi terbatas. Ada yang memutuskan untuk mengikuti bimbel offline. Ada juga yang memutuskan untuk bimbel online saja. Kalau bimbel tatap muka, percuma uangnya.

Mengingat bimbel online biasanya dilakukan di rumah, tentu saja fokus yang diberikan harus lebih besar karena resiko gangguan yang datang juga lebih besar. Gangguannya bisa berupa kebisingan dari orang-orang rumah, televisi, dan ancaman terbesar adalah gawai. Godaan notifikasi dari media sosial biasanya sulit sekali untuk dihindari.

Tapi, jika benar-benar memiliki komitmen untuk serius belajar, seharusnya bisa saja menahan godaan notifikasi ini. Misalnya dengan menyalakan mode silent atau mematikan notifikasi media sosial media sebentar. Selesai mengikuti bimbel online, biasanya digunakan untuk scroll media sosial.

Sebenarnya, media sosial ini juga bisa dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan. Contohnya, beberapa infuencer yang ada di Instagram kerap berbagi pengetahuan yang berkaitan dengan materi ujian. Ini bisa dijadikan sebagai alternatif media belajar juga, lho.

Yuk kita simak Influencer yang dapat membantumu untuk mempersiapkan ujian masuk Perguruan Tinggi, Takaiters!

1. Fauzan Al Rasyid-fauzanalrasyid

Foto: id.rbth.com

Influencer yang satu ini sering disapa Kak Fauzan. Beliau adalah seorang dosen vokasi di salah satu universitas ternama Indonesia. Beliau juga seorang editor senior Russia Beyond untuk edisi Indonesia.

Nah, Kak Fauzan ini sering berbagi pengetahuan seputar bahasa atau lebih tepatnya PUEBI. Di bagian highlight story beliau banyak sekali pembahasan mengenai PUEBI. Pembahasan ini tentu sangat cocok untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi, mengingat pada bagian TPS (Tes Potensi Skolastik) terdapat komponen pemahaman bacaan dan menulis.

2. Fiersa Besari-fiersabesari

Tips persiapan ujian masuk perguruan tinggi
Foto: matamata.com

Fiersa Besari adalah seorang musisi sekaligus penulis. Sekitar enam buku sudah berhasil beliau tulis sekaligus dipublikasikan. Dalam akun instagramnya ini, beliau kerap bermain tebak-tebakan seputar ejaan bahasa Indonesia.

Meskipun pembahasan yang ada dalam highlight story-nya tidak sebanyak Kak Fauzan, tapi tebak-tebakan beliau bisa membantu kita mengetahui ejaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan KBBI.

3. Jerome Polin Sijabat

Foto: idntimes.com

Kalau orang ini, rata-rata anak remaja dan dewasa mungkin sudah kenal. Ya, Jerome Polin-seorang mahasiswa Universitas Waseda, Jepang sekaligus seorang youtuber. Jerome ini mengambil jurusan Matematika Terapan.

Tak heran jika story dan postingan instagramnya banyak berisi pembahasan soal-soal matematika. Cocok sekali untuk orang-orang yang akan melakukan ujian masuk perguruan tinggi bahkan ujian CPNS. Tapi jangan heran juga kalau isi story Jerome ini banyak juga hal-hal yang nyleneh. Haha.

Punya rekomendasi influencer yang bisa membantu ujian masuk Perguruan Tinggi? Bisa banget tulis di kolom komentar, ya, Takaiters!