Hai, Takaiters!

Sudah merasa bosan dengan kehidupan kota yang gemerlap dan penuh kecepatan?  Jika iya, mari menyingkir sedikit jauh ke Banjar Patroman, kota di ujung timur Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Jawa Tengah.

Kota Banjar sendiri merupakan daerah pemekaran dari Kabupaten Ciamis pada tahun 2002. Tapi jangan salah sangka dahulu, meskipun kota ini baru akan menginjak usia 19 ini ternyata  menyimpan berbagai kedamain yang mungkin dicari oleh banyak orang yang bermukim di daerah metropolitan.

Udara pagi yang masih segar, ditambah lalu lalang kendaraan yang belum ramai, adalah kelebihan yang ditawarkan kota kecil di ujung Jawa Barat ini. Selain itu, Kota Banjar juga memiliki destinasi wisata yang patut kamu masukan ke dalam list liburanmu akhir tahun nanti.

Penasaran tempat wisata apa saja yang ada di Kota yang berpenduduk 180 ribu jiwa ini, berikut adalah 3 rekomendasi Wisata Jempolan Kota Banjar, Takaiters!

1. Ecopark Banjar Patroman

wisata kota banjar jawa barat
Foto: Instagram/@tilastapibrandeed

Ecopark Banjar Patroman berada tepat di pinggir sungai Citanduy tepatnya di Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

Di Ecopark Banjar Patroman, hijau dan rindangya pohon akan langsung memanjakan mata kamu. Lebih dari itu, karena berada tepat di pinggir sungai, gemercik air dan suara siulan burung dari pohon ke pohon akan menciptakan suasana tenang dan juga riang.

Labirin mini yang menjadi magnet pengunjung pun tidak ketinggalan. Di labirin ini kamu dapat berfoto sekaligus berjalan-jalan sembari menyesap udara segar sekeliling sungai.

Selain berfoto, banyak kegiatan lain yang dapat dilakukan di Ecopark Banjar. Mulai dari berdiskusi bersama teman, makan bersama keluarga, hingga berolahraga. Khusus bagi kamu yang sangat suka berolahraga, Ecopark Banjar juga telah menyiapkan serangkaian alat olahraga yang dapat kamu jejal untuk menimba keringat.

2. Lembah Pajamben

wisata di kota banjar jawa barat
Foto: Instagram/@explore_banjarpatroman

Ingin melihat pemandangan layaknya negeri di atas awan; Dieng? Maka jawaban yang paling tepat adalah Lembah Pajamben.

Berada di Dusun Pangasinan, Desa Binangun, Kota Banjar, Lembah yang memiliki ketinggian 50 meter diatas permukaan air laut ini. Nyatanya mampu menyajikan panorama yang memikat mata setiap pegunjung.

Lebih lanjut, ketika berada di Lembah Pajamben. Kamu akan langsung disuguhi oleh panorama alam yang memukau serta sejuknya udara khas pegunungan. Selain itu pula, kamu dapat menyaksikan cekungan Banjar dari atas bukit bambu atau yang biasa disebut sebagai saung jangkung.

3. Mustika Taman Anggrek

wisata kota banjar patroman
Foto: Wulansari.net

Berbicara soal bunga, Kota Banjar memiliki taman anggrek yang tidak saja nikmat dipandang, tapi juga sangat bagus dijadikan background untuk foto temen Takaiters!

Taman ini berada di  desa Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja kota Banjar yang berjarak hanya 2,5 km dari pusat kota.

Di taman ini, pengunjung bisa melihat ratusan bunga anggrek dari berbagai jenis dengan ragam warna yang indah. Pengunjung pun bisa berswafoto di tempat yang telah di sediakan oleh pengelola seperti di rumah pohon dengan latar belakang bunga anggrek atau di bawah replika pintu masuk yang terbuat dari kayu.

Selain berswafoto, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan lain seperti botram (makan bersama-sama dengan membawa bekal dari rumah) di saung (tempat berteduh dari bambu) yang telah disediakan, ditemani suara kicau burung dan hembusan angin dari ratusan pohon yang mengelilinginya.

Bagaimana, menerik bukan? tunggu apalagi, yuk berkunjung ke Banjar, dan nikmati ketenangan Wisata Jempolan Kota Banjar.