Hai, Takaiters!

Setiap masalah memang telah disiapkan solusinya oleh Tuhan. Tetapi Dia tidak serta merta langsung memberikan jawaban dari setiap do’a kita dalam bentuk sekarung atau sekoper emas, berlian bahkan uang. Tidak berstatment bahwa kita tidak butuh uang, apalagi jaman sekarang apa-apa menggunakan uang. Namun, tidak semua hal bisa diselesaikan dengan uang, uang dan uang.

Terkadang masalah muncul dari orang lain, tetapi lebih sering terjadi masalah tercipta dari diri sendiri. Bagaimana kita menyikapi dan menemukan solusi itu yang paling diusahakan agar kita tidak terlalu lama terkena penyakit hati yang menyebabkan diri kita bermasalah.

Nah, teman-teman tentu tidak menginginkan menjadi orang yang bermasalah’kan? Untuk menghindari ciri-ciri tersebut, ikuti beberapa kriteria orang yang bermasalah agar kita tidak termasuk di dalamnya.

1. Orang yang tidak menerima

ciri ciri orang bermasalah
Foto: tribunnews.com

Kenapa bisa begitu? Karena orang yang memiliki hati sedikit lebih legowo dan menerima, tentu dirinya seringkali bebas dari yang namanya masalah. Siapa yang mau mencari masalah dengan orang selalu menerima keadaan.

Berbeda dengan orang yang tidak menerima keadaan dalam kehidupannya, bisa dipastikan orang tersebut memiliki banyak kendala dalam menyikapi kenyataan yang terjadi. Mobilnya kesenggol mobil lain langsung marah-marah, lapor Polisi. Merasa difitnah sedikit terus memberikan klarifikasi di media.

Padahal, saat anda telah memberikan pernyataan sebenar dan sejelas-jelasnya itu sudah lebih dari cukup mewakili keadaan anda. Bagaimana sikap orang lain terhadap kita itu hak mereka dengan Tuhannya.

Yang terpenting dari kita dulu, bisakah kita menerima? Kalau jawabannya bisa. Tidak akan menjadi masalah, toh orang lain akan lelah sendiri melihat kita yang tidak merespon sesuai keinginan mereka.

2. Orang yang butuh pengakuan

Ciri-ciri orang bermasalah
Foto: batamnews.com

Orang yang membutuhkan pengakuan dari orang lain mengenai seluk beluk dirinya, inilah salah satu ciri-ciri orang bermasalah. Adakah kerugian ketika kebaikan, kelebihan, ketenaran bahkan nama besar kita tidak diakui orang lain?

Bukankah apa yang kita perbuat semata-mata tujuannya untuk Tuhan. Bukan untuk mereka yang mengakui kehebatan kita. Saya tidak akan membahas keuntungannya, jelas sangat banyak jika pengakuan tersebut dilontarkan orang lain terhadap salah satu ciri orang yang bermasalah ini.

Orang yang kebaikannya butuh diakui, sejatinya dia tidak pernah melakukan kebaikan dari lubuk hatinya. Ada sifat riya’ atau pamrih dari orang lain yang bertujuan untuk menaikkan satu tingkat lebih atas posisi nama baiknya. Sangat lucu kehidupan di jaman sekarang.

Dulu, yang termasuk orang bermasalah hanya seorang yang tinggal di Rumah Sakit Jiwa, karena mereka bermasalah dengan jiwanya. Berbeda dengan sekarang, hampir setiap orang yang memiliki kelebihan memiliki ciri-ciri orang yang bermasalah.

Jika hukum disamakan seperti dulu yang bermasalah dengan jiwanya harus di tempatkan di RSJ, jelas tanah negeri ini tidak cukup menampung orang-orang yang bermasalah.

3. Orang yang diam atau orang yang tidak mau berubah

Foto: maxmanroe.com

Yang dimaksud dengan orang yang diam bukan berarti orang yang memiliki sifat pendiam dan adem. Orang yang diam berarti orang yang tidak mau mengikuti jaman. Tipikal orang yang hidup di jamannya dan tetap membawa jamannya sampai dia tumbuh dewasa.

Orang yang diam bisa diartikan orang yang tidak mau berubah. Ini jelas termasuk orang yang bermasalah. Tanpa dia sadar, Tuhan saja menciptakan dirinya berubah seiringnya waktu. Dari bayi yang tidak bisa apa-apa, kemudian berjalan, berbicara, berlari, naik sepeda dan selanjutnya.

Perubahan itu sangat penting dalam menjalani kehidupan. Misal, di tahun 2018 anda berpakain ala tahun 90-an setiap hari. Jika orang melihat anda berdandan seperti itu jelas mereka berstatment bahwa anda ini adalah orang yang bermasalah. Itu sebabnya perubahan sangat penting untuk mengimbangi kehidupan setiap jamannya.

Nah, itulah paparan dari saya tentu masih banyak lagi ciri-ciri orang yang bermasalah. Semoga kita tidak termasuk dalam ciri-ciri tersebut. Semoga bermanfaat!