Hola, Takaiters! Meski sudah direncanakan sedemikian rupa, terkadang ada hal-hal yang membuat kita mengurungkan niat memasak suatu hidangan. Mulai dari harga sayur yang melonjak, tidak ada bahan yang dicari, hingga bosan karena terlampau sering meracik menu serupa.

Kalau sudah begini, kita harus putar otak lagi. Memikirkan sayuran apa yang hendak dijadikan pengisi meja makan. Apabila kamu masih bingung menentukan pilihan, intip dulu 10 sayuran lezat berikut ini sebagai inspirasi!

1. Genjer

Foto: rina-dapurmanis.blogspot.com

Genjer umumnya hidup di daerah perairan dangkal, rawa, atau sawah. Tanaman dengan batang hijau berongga ini sebenarnya termasuk tumbuhan pengganggu atau gulma. Meski demikian, genjer rupanya bisa diolah menjadi sajian lezat menggugah selera. Tumis genjer tempe pedas, oseng genjer saus tiram, serta genjer tauco, merupakan beberapa contoh hidangan hasil olahan tanaman berbunga kuning tersebut.

2. Bunga Kecombrang

Foto: semuatentangkulinerindonesia.blogspot.com

Bau yang khas ditambah warna merah muda cantik, membuat bunga kecombrang atau orang Minangkabau menyebutnya sebagai kincuang mudah untuk dikenali. Selain dijadikan bahan campuran pecel dan urap, tanaman yang tergolong rempah ini pun dapat dimanfaatkan sebagai bumbu masakan.

3. Jantung Pisang

Foto: ummi-online.com

Berbanding terbalik dengan buah pisang yang begitu mudah dijumpai, jantung pisang justru kian jarang ditemukan. Padahal dari bahan dasar jantung pisang ini, dapat tercipta hidangan nikmat, lho. Sebagai contoh, tumis pedas jantung pisang, lodeh jantung pisang, hingga dimasak gulai. Menyantap sayur jantung pisang bersama nasi hangat serta ikan asin, rasanya satu piring tidak cukup, deh, hehe …

4. Bunga Pepaya

Foto: selerarasa.com

Bukan hanya buahnya yang digemari, bunga pepaya pun dapat dimasak menjadi hidangan enak. Yups, tumis bunga pepaya! Tak jauh beda dengan tumisan daun pepaya, olahan bunga pepaya juga memiliki citarasa gurih-pahit. Agar rasa pahit berkurang, sebelum dimasak kita bisa meremas bunga menggunakan garam.

Tak sekadar lezat, bunga pepaya ini ternyata mempunyai beragam kandungan mineral serta vitamin yang baik bagi kesehaan tubuh. Di antaranya, zat besi, kalsium, protein, vitamin A, vitamin B1, vitamin C, tannin, flavonoid, senyawa alkaloid karpain, dan serat.

Pilihan Editor


5. Oyong

Foto: selerasa.com

Oyong atau dikenal juga dengan sebutan gambas ialah jenis tanaman rambat yang gampang tumbuh di mana pun. Gambas biasanya dipanen tatkala masih muda. Tekstur oyong yang sedikit kenyal dan lunak, sangat pas dijadikan tumisan.

Ditambah bihun, sosis, bahan pelengkap lain, serta irisan cabai rawit, sempurna sebagai teman makan kita. Selain tumis, sayuran yang bermanfaat sebagai ASI booster tersebut juga bisa diolah menjadi sayur bening atau sup.

6. Bunga Turi

Foto: marimemasak.wordpresss.com

Bunga turi atau turing ketika kuncup berbentuk bulan sabit. Bunga ini biasanya ditemukan dalam pecel. Warna bunganya ada yang putih serta kemerahan. Tanaman yang bisa tumbuh hingga 12 meter tersebut, selain dijadikan campuran pecel, juga memiliki manfaat untuk mengatasi sariawan dan radang tenggorokan.

7. Kulit Melinjo

Foto: keripikkulitmelinjo.com

Seperti kita ketahui bahwa melinjo ialah bahan utama pembuatan emping. Namun, bagaimana dengan kulitnya? Ternyata kulit buah melinjo juga bisa dimasak jadi sajian nikmat. Sebut saja oseng mercon, lodeh, atau sayur kuah kuning kulit melinjo.

Bunga Bawang

Foto: alleykitchen.blogspot.com

Bunga bawang merah biasanya dijual per ikat. Tak banyak yang mengetahui bahwa bunga bawang bisa dimasak jadi hidangan sedap seperti sayur pada umumnya. Bentuknya yang mirip asparagus, membuat orang kerap salah kira. Sayuran dengan kandungan antioksidan ini bisa dijadikan tumisan atau campuran mie goreng. Yummy!

9. Bunga Sedap Malam

Foto: sashylittlekitchen.com

Jangan membayangkan bunga sedap malam yang biasa dijadikan sebagai pemanis ruangan, ya. Ini berbeda, sebab bentuknya kering dan asalnya dari bunga pisang. Kita bisa menemukan bunga ‘sedap malam’ kering tadi pada olahan tekwan atau sup kimlo.

10. Kecipir

Foto: momentumpedia.com

Kecipir termasuk tanaman merambat. Sayuran bernama ilmiah Psophocarpus Tetragonolobus ini bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh, baik bagi kulit, serta mampu mencegah penuaan dini. Selain direbus untuk lalapan, sayuran dengan biji mengandung protein tinggi tersebut pun bisa dimasak oseng.

Demikian beberapa jenis sayuran yang kian langka dan memiliki citarasa lezat. Kamu sudah pernah mencicipi yang mana?