Hola, Takaiters!

Siapa, sih, yang tidak ingin bahagia? Yup, semua manusia ingin hidup bahagia. Tapi untuk bisa bahagia, ada resep sederhana yang wajib kamu tahu. Ini dia 10 resep sederhana yang dijamin bisa bikin kamu bahagia.

1. Terimalah Diri Sendiri, Unconditionally

Foto; pexels.com

Setiap diri kita adalah unik, yang diciptakan-Nya dengan penuh cinta, dengan segala kemampuan dan keterbatasan yang dimaknakan pada diri. Kemampuan yang kamu miliki, bisa jadi adalah keterbatasan pada diri orang lain. Sebaliknya, keterbatasan pada kamu bisa jadi adalah kemampuan bagi yang lain. Jadi, menerima diri sendiri tanpa syarat, dengan segala kemampuan dan keterbatasan adalah sumber kebahagiaan bagi diri sendiri. Siap, Guys?

2. Percayalah pada Kemampuan Diri Sendiri

Foto: unsplash.com

 

Jika kamu sudah mampu menerima diri sendiri tanpa syarat, maka kamu akan lebih bisa menghargai diri sendiri. Jadikan diri kamu berharga, maka kemampuan diri akan mengikutinya. Di mana pun ketika kepercayaan akan kemampuan kamu meningkat, apa yang kamu dapat, Guys? Yes, kepuasan yang berujung pada kebahagiaan.

3. Pegang Kuat Iman, Jangan Biarkan Memudar

Foto; pexels.com

 

Keyakinan yang dipegang kuat, dalam agama apapun, terbukti memberikan kepastian jawaban terhadap segala peliknya masalah duniawi. Mereka yang menjaga kuat iman dalam keyakinan beragama, kebanyakan merasakan penerimaan yang ikhlas terhadap segala perjalanan kehidupan. Akibatnya, kepuasan didapatnya yang membawanya pada kebahagiaan sejati. Tapi, mereka yang membiarkan imannya pudar seiring dengan segala permasalahan hidup, cenderung tidak mampu mencapai keikhlasan. Dan kebahagiaan pun jauh dari hidupnya.

4. Tidak Selalu Harus jadi Pemenang

Foto: pexels.com

Jangan paksa diri kita menjadi pemenang dalam setiap arena pertandingan kehidupan. Pemaksaan yang berlebihan akan membuat kita kurang menghargai kemenangan, tapi kecewa berlebihan jika mengalami kekalahan. Kemenangan akan menjadi sesuatu yang sudah seharusnya, namun kekalahan menjadi sesuatu yang tidak bisa diterima. This is terrible, Guys. Mampukan segenap kemampuan, tapi kuatkan iman. Maka setiap hasil dari kejadian, akan membawa kamu pada penerimaan diri yang bermuara pada kebahagiaan.

5. Jangan Lupa untuk Tertawa

Foto: pexels.com

 

Jangan remehkan energi positif yang dihasilkan oleh tertawa. Tertawa menghasilkan enzim endorphin, yaitu senyawa kimia yang membuat seseorang merasa senang, dan pastinya berguna sekali untuk kekebalan tubuh. Well, tertawalah maka the rest of your day will be amazing.

6. Jangan Pelit untuk Berbagi

Foto: pexels.com

 

Sebenarnya, dalam setiap yang kamu terima terdapat hak bagi yang lainnya. Berbagi tidak akan mengurangi apa yang kamu miliki. Berbagi tidak harus diartikan dalam materi saja. Berbagi ilmu, berbagi pengalaman yang berguna, adalah sumber kebahagiaan karena dengan berbagi akan mendatangkan kepuasan tak terkira. Sharing is caring, in many positive ways. Setuju, Guys?

7. Olahraga

Foto: pexels.com

 

Olahraga tidak hanya membuat badan segar dan sehat, tapi juga bisa mendatangkan kebahagiaan. Tidak harus menjalani olahraga dengan target khusus, berjalan kaki rutin setiap hari pun sudah menjadi cukup untuk kebutuhan tubuh kamu. Olahraga yang cukup, tidak dimungkiri akan menjadikan tubuh terasa lebih sehat. Perlakuan kamu terhadap diri sendiri juga semakin membaik, dan pastinya akan lebih menikmati hidup. Bahagia, bukan?

8. Sayangilah Hewan

Foto: pexels.com

 

Mempunyai hewan peliharaan, terbukti mampu membahagiakan. Kucing, anjing, burung, atau bahkan ikan, bisa mejadi pelepas stres dan penat kamu akan rutinitas kehidupan. Dan percayalah, memelihara hewan kesayangan bisa menjadi ladang amal.

9. Carilah Hobi dan Lakukanlah

Foto: pexels.com

 

Percaya tidak percaya, ketika kamu mengerjakan apa yang kamu sukai, maka waktu pun tak terasa berputar. Melakukan hobi menjadi sebuah pelarian menyenangkan dari segala hiruk pikuk dunia. Apalagi jika hobi yang kamu miliki bisa menghasilkan rupiah. Bahagia kan, Guys? Yup, carilah hobi, lakukanlah, dan jemput bahagiamu.

10. Selalu Berpikir dan Bersikap Positif

Gadget free time
Foto: pexels.com

 

Ini dia, mudah tapi susah. Menantang diri sendiri untuk selalu berpikir positif terhadap segala situasi. Jangan melihat apa yang terjadi, tapi bagaimana kamu menyikapi kejadian yang ada. Be positive and be happy.

Itulah resep sederhana yang sering dianggap sepele, tapi ternyata sumber kebahagiaan yang murni. So, Guys, are you ready to be happy?