Hi, Takaiters!

Tak perlu diragukan, makanan yang kita santap sangat berpengaruh terhadap kesehatan diri kita. Karenanya, kita selalu disarankan untuk senantiasa mengkonsumsi makanan yang menyehatkan. Orang Inggris suka bilang: You are what you eat.

Nah, berikut ini ada sepuluh masakan yang direkomendasikan Natalie Butler & Anna Schaefer, seperti dilansir laman healthline.com, yang diyakini sebagai masakan paling menyehatkan.

Yuk, Takaiters, kita sama-sama intip masakan yang menyehatkan apa saja?

1. Masakan Yunani

masakan yang menyehatkan beberapa negara
Foto: siswapelajar.com

Sebagai bagian dari masakan Mediterania, masakan Yunani selain menawarkan cita rasa prima juga dinilai sangat sehat. Menurut Keith Ayoob, Ed.D., R.D., F.A.D.A, profesor klinis dari Albert Einstein College of Medicine, masakan Yunani umumnya mengandung unsur minyak zaitun, tidak banyak daging, banyak yogurt dan banyak buah segar, sayuran, bawang putih, tomat, dan kacang-kacangan.

2. Masakan Jepang

kreasi masakan yang menyehatkan
Foto: akibanation.com

Sudah luas diketahui, masakan Jepang kaya akan makanan laut dan sayuran segar. Karena itu, orang-orang di pulau Okinawa, Jepang, misalnya, memiliki tingkat penyakit kronis terendah, serta rentang hidup terpanjang di dunia.

Masakan Jepang umumnya dianggap sehat karena mengandung banyak sayuran dan produk laut dengan proses pengolahan yang sehat, seperti lewat pengasapan ringan atau tumis cepat.

Demikian dikatakan Marci Clow, M.S., R.D.N, seorang ahli gizi senior. Meski demikian, Slow menambahkan, kita perlu hati-hati dengan masakan Jepang yang mengandung tempura goreng, mi berminyak, dan nasi putih.

3. Masakan Meksiko

resep masakan sehat tanpa minyak
Foto: gotravelly.com

Masakan tradisional Meksiko merupakan salah satu masakan yang menyehatkan. Unsur kacang-kacangan serta buah-buahan berperan besar dalam hal ini. Belum lagi berbagai hidangan kaya sayur yang disiapkan dengan cara yang sehat.

4. Masakan Korea

rekomendasi masakan yang menyehatkan
Foto: liputan6.com

Selain lewat K-Pop, Korea juga kian berkibar lewat masakannya. Di antara yang tersehat dalam masakan Korea adalah kimchi, hidangan sayur yang telah difermentasi. Hidangan ini dianggap mampu berfungsi sebagai probiotik, yang membantu dalam melindungi dan memelihara kesehatan sistem pencernaan, terutama lambung dan usus dari beragam serangan penyakit. Unsur  jahe, cabai merah, bawang putih, dan berbagai sayuran pada hidangan ini memiliki sifat anti kanker, anti-obesitas, dan menurunkan kolesterol.

5. Masakan Thailand

masakan yang menyehatkan dari thailand
Foto: his-travel.co.id

Masakan Thailand memiliki rasa yang cenderung  ‘nendang’ dan tidak terlalu bergantung pada unsur lemak dan daging. Yang membuat masakan Thailand cenderung terasa ‘nendang’ karena kerap melibatkan unsur kunyit, ketumbar, jahe, serai, dan cabai. Bumbu-bumbu ini tentu saja sangat menyehatkan.

6. Masakan Spanyol

masakan yang menyehatkan dari spanyol
Foto: idntimes.com

Seperti halnya Yunani, Spanyol juga merupakan bagian dari kawasan Mediterania, yang selama ini dikenal dengan aneka jenis makanannya yang menyehatkan. Makanan dari laut dan sayuran segar menjadi bagian yang tidak pernah terpisahkan dari kebanyakan masakan Spanyol.

7. Masakan Italia

masakan yang menyehatkan di dunia
Foto: kulineria.id

Lupakan dulu pizza. Sesungguhnya banyak masakan Italia yang memfokuskan pada unsur minyak zaitun, tomat segar dan rempah-rempah. Tak sedikit pula masakan tradisional Italia yang menyuguhkan olahan kacang-kacangan, ikan, buah-buahan dan sayuran, yang notabene bagus buat kesehatan jantung.

8. Masakan India

superproof.co.id

Hidangan tradisional India rata-rata menyengat di lidah lantaran kaya unsur bumbu. Kabar baiknya, bumbu-bumbu pada masakan India justru merupakan sumber antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh. Tambahan lagi, banyak masakan India yang merupakan menu yang cocok untuk kaum vegetarian.

9. Masakan Prancis

Foto: kulineria.id

Tak semua masakan dari Negeri Mode ini bereputasi buruk bagi kesehatan. Ambil contoh masakan Prancis yang berasal dari daerah Provence. Masakan dari daerah ini mengandung unsur minyak zaitun, tomat dan rempah-rempah yang sangat menyehatkan.

10. Masakan Lebanon

macam-macam masakan menyehatkan dari lebanon
Foto: bbc.com

Masakan di Lebanon memiliki banyak kesamaan dengan masakan Yunani. Selain itu, masakan Lebanon memiliki kesamaan pula dengan masakan negara tentangganya yakni Suriah yang memiliki saus khas unggulan yang sangat menyehatkan: hummus.

Berbagi penelitian menyimpulkan bahwa hummus dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan kontrol gula darah, meningkatkan kesehatan pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, dan ikut membantu menurunkan berat badan.

Inilah masakan yang menyehatkan dari beberapa negara, Takaiters! Adakah masakan yang kamu sukai, Takaiter?