Hola, Takaiters!

Jakarta International Velodrome yang beralamat di Jl. Balap Sepeda No.35, RW.6, Jati, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta dipersiapkan sebagai arena balap sepeda pada event Asian Games 2018

Jakarta International Velodrome Velodrome mulai dibangun sejak tahun 2016 dan dilakukam renovasi  untuk menyambut Asian Games 2018

Pembangunan dilakukan ketika Basuki Tjahaja Purnama masih menjadi sebagai Gubernur DKI dan diresmikan oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan jelang Asian Games, yaitu tanggal 15 Agustus 2018 yang lalu.

Ada 10 fakta mengenai Jakarta International Velodrome sebagai arena balap sepeda terbaik di Asia, simak, ya, Takaiters!

1. Jalur Trek Balap Sepeda menggunakan Kayu Siberia yang berkualitas Tinggi

Foto: jakarta.tribunnews.com

Jakarta International Velodrome yang terletak di daerah Rawamangun ini bertaraf internasional karena menggunakan kayu asal Siberia yang berkualitas tinggi.

Menggunakan bahan berkualitas tinggi asal Siberia inilah salah satu  keunggulan Jakarta International Velodrome sehingga disebut sebagai arena terbaik di Asia. Sudah tahu belum, Takaiters?

2. Pembangunannya Menghabiskan Dana 665 M

Foto: jakarta.tribunnews.com

Pembangunan velodrome hampir selama dua tahun, yaitu tepatnya sekitar 23 bulan dengan menghabiskan dana investasi Rp 655 miliar.

3.  Velodrome yang Terletak di Rawamangun Ini Bertaraf Internasional

Foto: arratrrapost.com

Jakarta Internasional Velodrome telah mendapatkan sertifikasi dari UCI dengan kategori 1 atau tertinggi. Kapasitasnya cukup luas, lho, Takaiters, bisa menampung sekitar 3.000 sampai 5.000 orang.

Lintasan balap sepeda dengan jalur sepanjang 250 meter disertai tingkat kemiringan 40 derajat ini akan dilintasi pembalap sepeda yang bertarung di Asian Games 2018.

4. Kayu Siberia Dikenal Memiliki Tekstur yang Halus, dan Kuat, Dibutuhkan Perawatan Khusus

Foto: liputan6.com

Perawatan kayu ini pun tidak sembarangan dibutuhkan ekstra pemeliharaan agar tidak cepat rusak dan bertahan lama. Perawatannya juga menghabiskan biaya yang tidak murah, lho.

5. Kayu Siberia Diimpor via Jerman

Foto: sport.bisnis.com

Federasi Sepeda Dunia merekomendasikan penggunaan kayu berkualitas tinggi sebagai arena bertaraf internasional. Kayu ini diimpor langsung dari Siberia melewati Jerman.

6. Perawatan Velodrome Ini dengan Mengatur Suhu dan Kelembaban Tertentu

Foto: liputan6.com

Karakteristik kayu Siberia ini tidak sepertinya kayu di Indonesia yang beriklim tropis, melainkan karakteristik kayu yang hidup di empat musim.

Pengaturan suhu dan penurunan kadar kelembaban maksimal 70 persen disesuaikan daerah asalnya menggunakan alat Humidity System, yang ditempel dengan AC. Dengan pengaturan kelembaban dan suhu yang tepat, maka kayu tersebut bisa lebih awet dan  bertahan lama.

7. Venue Jakarta International Velodrome, Saat Ini Dikhususkan untuk Penyelenggaraan Asian Games 2018

Foto: id.investing.com

Pada bagian luar arena Velodrome, terdapat tiang dan bendera peserta Asian Games 2018 yang  berjajar rapi. Tulisan Jakarta International Velodrome begitu megah terpasang di pintu masuk stadion ini.

8. Adanya Taman di Luar Arena Mempercantik Tampilan Velodrome

Foto: sport.detik.com

Taman di luar arena Velodrome menambah cantik Velodrome ini dengam berbagai jenis tanaman dan pohon. Beberapa petugas kebersihan menjalankan tugasnya membersihkan daun-daun yang berserakan agar venue ini lebih bersih dan terjaga keindahannya.

9. Gubernur Jakarta Anies Baswedan Mencoba Jalur Trek Ini saat Peresmian Jakarta International Velodrome

Foto: megapolitan.kompas.com

Saat Peresmian Velodrome tanggal 15 Agustus yang lalu oleh Gubernur Jakarta, tampak Anies Baswedan mencoba jalur trek balap sepeda yang dipersiapkan untuk penyelenggaraan Asian Games 2018.

10. Setelah Asian Games, Venue Ini Dibuka untuk Umum

Foto: megapolitan.kompas.com

Jakarta Internasional Velodrome ini rencananya akan dibuka untuk umum setelah pelaksanaan Asian Games selesai.

Semoga atlet balap sepeda asal Indonesia mampu mempersembahkan yang terbaik untuk nusa dan bangsa. Yang pasti kita dukung atlet Indonesia agar semakin bersinar dan mengharumkan nama Indonesia.

Gimana, Takaiters, buat yang hobi balap sepeda nantinya bisa mencoba trek di jalur ini melalui velodrome yang bertaraf internasional yang disebut terbaik di Asia. Tertarik mencoba, Takaiters?